Breaking News

Kemenag Kepri dan BAZNAS Salurkan Dana Zakat Rp 1, 2 Miliar

Penyerahan Bantuan (Fhoto: Istimewa)
TANJUNGPINANG KEPRIAKTUAL.COM: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau dan Baznas Kepulauan Riau menyalurkan bantuan Rp. 1,2 miliar melalui dana zakat yang terhimpun pada Baznas Kepulauan Riau.

Penyerahan bantuan kepada mustahik secara simbolik diserahkan Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA di halaman Kanwil Kemenag Kepri, Selasa (21/4).

Hadir dalam penyerahan secara terbatas antara lain dua orang mustahik penerima bantuan, Kabag Tata Usaha H. Abu Sufyan, Kepala Bidang Bimas Islam H. Edi Batara, Wakil Ketua Baznas Kepri H. Mastur Taher dan empat orang Kasi di lingkungan Bidang Bimas Islam.

Dalam sambutannya Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Edi Batara menyebutkan pemberian bantuan dalam bentuk penyaluran dana zakat tersebut dimaksudkan untuk membantu meringankan beban warga terdampak wabah Covid-19.

Baca Juga:

Arif Fadillah: Kepri Terima Sejuta Masker Dari Temasek Foundation


“Pemberian bantuan dalam bentuk sembako dengan total Rp. 1.200.835.410 untuk mustahik yang berhak menerimanya,” kata Kabid Bimas Islam dikutip dari situs Diskominfo Kepri.

Edi mengatakan pihaknya telahpun melakukan musyawarah online yang menyepakati bahwa bantuan yang sama juga akan diberikan melalui Baznas Kabupaten/Kota se Kepulauan Riau dengan total bantuan lebih dari Rp. 2 miliar.

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Kepulauan Riau H. Mastur Taher mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian kecil yang bisa dilakukan dalam berbagi duka atas wabah Covid-19.

“Sebagai khalifah dimuka bumi kewajiban kita untuk saling berbagi dan tolong menolong. Baznas sudah membagikan masker gratis dan himbauan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan,” ujar Mastur Taher.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA dalam arahannya mengatakan betapa bencana ini menyadarkan kita bahwa tidak ada kuasa selain kekuasaan Allah SWT.

“Mari kita senantiasa berdoa dan bermohon kepada Allah semoga segera dicabut wabah ini dari muka bumi. Program ini kami pandang perlu dan sangat penting karena pasti masyarakat yang berhak menerima zakat sangat membutuhkan,” ucap Kakanwil.

Kakanwil lebih lanjut mengatakan paket logistik keluarga berisi sembako. Dan program tersebut merupakan program penanganan pandemi covid 19 dan peduli dhuafa sambut Ramadan 1441 H.

“Kondisi di Kepri cukup mengkhawatirkan karena Kepri berada di peringkat lima provinsi pasien yang tertular. Kita berdoa agar Covid-19 segera diangkat. Saya minta khatamkan Alquran, Mari semua umat beragama bersatu di bawah Kementerian Agama. Dalam rangka refokusing anggaran, Kanwil Kemenag Kepri sudah merealokasi Rp.20 miliar anggarannya kepada Kementerian Agama khusus penanganan Covid-19,” jelas Kakanwil.

(***)
Bagikan:
Baca juga