Pemilu 2024 Sebentar Lagi, Pemilih Pemula Mengikuti Kegiatan Sekolah Kebangsaan

Foto Bersama saat Acara Kegiatan. 

BATAM|KEPRIAKTUAL.COM: Dalam rangka memastikan partisipasi aktif pemilih pemula dalam perhelatan pesta demokrasi 2024, Tular Nalar bersama Netfid kota Batam, mengadakan kegiatan sekolah kebangsaan dengan tema "Pemilih pemula aktif dan cerdas dalam bermedia sosial" Rabu (1/11-2023).

Kegiatan ini dilaksanakan di SMAS PLUS AL USTMANIYAH kota Batam, hadir dalam acara tersebut Zainal Abidin, S.I.P (Anggota Bawaslu), Ulli Yushariyen Damanik, S.Pd (Anggota Bawaslu Batam), Jazuli, S.T, M.M (Anggota Bawaslu Batam) dan Adri Wislawan, S.T. (Anggota KPU kota Batam).

Zainal Abidin dalam sambutannya menyampaikan silahkan kita bermain media sosial karena kita juga tidak boleh ketinggalan zaman tapi ingat jangan asal share aja, karena ada UU ITE yang bisa terpidana karenanya.

Saat Kegiatan Belajar. 

Foto Bersama. 

"Kita harus aktif dalam perangi hoaks, apalagi terkait Kepemiluan karena itu juga menjadi konsen Bawaslu, jika ada berita yang kiranya negatif jangan langsung sebar, tapi diskusikan dengan orang tua ataupun guru, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Komisioner KPU Kota Batam, Adri mengatakan, ia sangat mengapresiasi kegiatan sekolah kebangsaan dengan program literasi digital oleh tular nalar. Mengingat pemilih pemula di kota Batam mencapai 66% dimana mereka sangat akrab dengan dunia digital.

"Kita masih ingat bagaimana kampanye #InaElectionObserverSOS dimedia sosial pasca pemilu 2019 lalu yang menimbulkan ketidakpercayaan terhadap hasil Pilpres pada waktu itu besar peluangnya dapat terjadi lagi di pemilu 2024, khusunya dengan kemajuan AI saat ini," imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang diterapkan oleh Tular Nalar dengan metode diskusi kelompok dan simulasi dalam bentuk games kami percaya dapat menjngkatkan wawasan bagi para peserta.

Penanggung jawab kegiatan, Kamal mmengatakan, ini dilaksanakan dengan fokus literasi digital, agar pemilih pemula cerdas dalam bermedia sosial, agar pemilih pemula tidak membagikan berita yang hoaks. 

"Untuk kegiatan ini dilakukan oleh tular nalar dan netfid di SMAS Plus AL Ustmaniyah Batam dengan diskusi kelompok dan game simulasi berita hoaks," tuturnya.

Redaksi
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.