Uniba dan Umrah Dukung Pengembangan Tata Kelola BUMD Anambas

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyambut akademisi dari 2 Perguruan Tinggi saat berkunjung ke Anambas.

TAREMPA|KEPRIAKTUAL.COM: Dua Perguruan Tinggi di Kepulauan Riau yakni Universitas Batam (Uniba) dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang mendukung pengembangan BUMD yang implikatif dan berinovasi.

Peran akademisi tersebut terwujud dalam pengabdian masyarakat yang berlangsung selama dua hari di ruang rapat PTSP Kabupaten Anambas.

Komitmen tiga institusi penting ini mewujudkan tridhama perguruan tinggi dan guna mendorong pengambilan kebijakan yang berdampak di masyarakat.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemerintah kabupaten Anambas. Menurutnya, percepatan pembangunan daerah butuh sentuhan dan masukan dari kalangan akademisi, dan skala prioritas dari visi misi kita sesegera mungkin mendorong pengembangan daerah Terdepan, Terpencil dan Tinggal.

"Kedepan Pemkab Anambas fokus pada pelayanan dan pengembangan sektor usaha dengan mengoptimalkan BUMD sebagai komitmen bagi masyarakat di wilayah pesisir," ujar Abdul Haris dalam keterangannya, Selasa (10/1/2023).

Dr Suryadi Ketua Tim mengatakan, hadirnya BUMD untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat dan sebagai bagian upaya untuk meningkatkan pendapat asli daerah, sehingga segala kebutuhan masyarakat dapat di penuhi oleh pemerintah yang pada gilirannya kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

"Hadirnya PP 54 tahun 2007 tentang tata kelola BUMD adalah regulasi yang sangat strategis guna mendukung peningkatan kesejahteraan di masyarakat," jelasnya.

Ditempat yang sama, Achmad Uzaimi mengatakan ditengah perkembangan bisnis hari ini tidak terkecuali dalam hal pengelola perusahaan Daerah semestinya mempertimbangkan kriteria kesederhanaan cara pandang, langkah yang terukur, bisa mencapai tujuan organisasi, basis yang kuat serta target waktu.

"Sebuah perusahaan daerah jika dibandingkan dengan bentuk usaha lain berbeda sebab memiliki legal standing yang kuat, seperti Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Daerah," ungkap Achamd Uzaimi

Terpisah Dekan Fakultas Hukum UNIBA Dr Fadlan diakhir acara menyampaikan pentingnya pemanfaat BUMD oleh Daerah, sebab BUMD merupakan salah satu subsistem dari Pemda guna mendorong daerah guna meningkatkan kemampuan dan kekuatan potensi yang dimiliki.

"Kita semua mengetahui bahwa kondisi Kabupaten Anambas seperti apa, terdapat banyak pekerjaan rumah yang harus dibereskan bersama dan kami menilai tidak seharusnya beban itu ditanggung Pak Bupati serta jajarannya. Kita mendorong agar BUMD milik Kabupaten Anambas bisa bergerak cepat, tepat dan bermanfaat kedepannya," kata Fadlan
 
Kegiatan pengabdian masyarakat turut dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Anambas, Sekda, Ketua LAM dan SKPD dilingkup Pemkab Anambas.

Fay/Redaksi
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.