DPC KPPI Batam Dukung Keterwakilan Kaum Perempuan di Partai Politik

Foto Bersama DPC KPPI Batam.

BATAM|KEPRIAKTUAL.COM: Jelang pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Batam pada, Minggu (28/8/2022) mendatang, panitia pelaksana melakukan rapat finalisasi.

Rapat tersebut dilaksanakan secara sederhana di restauran yang menyajikan kuliner nusantara yang berada di salah satu mall dibilangan Batam Center, pada Rabu (25/8/2022) sore.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPC KPPI Kota Batam, Ernawati didampingi Sekretaris, Herlina dan Bendahara yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan, Ade Sulistyani Ruslan serta jajaran pengurus lainnya.

Ketua DPC KPPI Kota Batam, Ernawati mengatakan dilaksanakannya rapat finalisasi jelang pelantikan ini sebagai implementasi perwujudan dari amanah Undang-Undang Pemilu yang mewajibkan keterlibatan perempuan di parlemen.

Erna mengatakan KPPI adalah wadah berhimpun dan berjuang bagi kaum perempuan lintas partai politik di Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan perempuan, khususnya di bidang politik yang mengedepankan kesetaraan, solidaritas dan persaudaraan. 

"Dalam Undang-Undang Pemilu disebutkan sebanyak 30 persen keterwakilan perempuan dalam kancah perpolitikan di tanah air," ujar Erna usai kegiatan.

Dikatakannya, dari jumlah 30 persen yang disediakan untuk perempuan itu tidak hanya dijadikan sebagai pelengkap saja, namun benar-benar bisa lebih jauh lagi dalam pengambilan kebijakan di legislatif pada 2024 mendatang.

"Kita berharap, para pengurus yang akan dilantik nanti yang notabene merupakan perwakilan dari masing-masing partai politik bisa duduk sebagai anggota legislatif di Pemilu mendatang," harapnya.

Masih menurut politisi perempuan dari Partai PDI Perjuangan (PDIP) kota Batam menambahkan, dengan hadirnya KPPI ini secara tidak langsung membantu pemerintah dalam menyusun program-program yang menyasar dan pro kepada kaum perempuan.

"KPPI ini bisa menjadi penyambung lidah pemerintah dalam menjalankan program-program pemerintah, khususnya keikutsertaan perempuan di dunia politik supaya mengurangi angka golput saat pesta demokrasi nantinya," imbuhnya.

Kemudian, adapun langkah-langkah yang akan diambil pihaknya untuk meminimalisir angka golput pada saat Pemilu nanti yakni akan melaksanakan Rapat Kerja Cabang yang salah satu program prioritasnya ialah pendidikan politik terhadap perempuan dan juga kaum milenial.

"Hanya perempuan yang mengerti dan memahami apa yang menjadi keinginan dari perempuan itu sendiri," sebutnya.

Dalam kesempatan itu Erna juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan partai politik yang ada di kota Batam, yang telah memberikan dukungan dan support terhadap KPPI di kota Batam.

"Saya mengapresiasi para pimpinan partai politik di kota Batam, yang telah bekerjasama dengan baik sehingga pelantikan KPPI ini bisa terlaksana," ucapnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris DPC KPPI Batam, Herlina menambahkan sebanyak 38 pengurus dari masing-masing perwakilan partai politik yang ada di kota Batam akan dilantik.

Nantinya, pelantikan akan diselaraskan dengan Rakercab dengan mengusung tema Peningkatan kapasitas perempuan menuju Pemilu serentak tahun 2024.

"Kita berharap pengurus yang dilantik nanti bisa menjembatani keinginan-keinginan dari kaum perempuan-perempuan, dan ikut menyusun kebijakan-kebijakan yang pro perempuan saat duduk di legislatif pada Pemilu mendatang," harapnya.

Senada, Ketua Panitia Pelaksana, Ade Sulistyani Ruslan mengatakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan pelantikan ini sudah sangat matang. 

"Sesuai rencana, pelantikan pengurus KPPI kota Batam akan dilaksanakan di kantor Pemerintah Kota Batam, dan dilanjutkan dengan rakerda yang akan dipandu dari pembina kita di DPD yakni ibu Suryani dan ibu Ririn," pungkasnya.

Fay/Redaksi
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.