Pertama Kali, Gubernur Kepri Buka Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2022

Gubernur Kepri Sampaikan Sambutan.

Penyerahan Pokok-pokok Pikiran Dari DPRD Kabupaten Natuna Kepada Pemda Kabupaten Natuna.

Gubernur Kepri Memukul Gong Tandanya Pembukaan Musrenbang.

Sekda Natuna Sampaikan kata Sambutan.

NATUNA|KEPRIAKTUAL.COM: Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Natuna Tahun 2022 yang digelar oleh, Dinas Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna secara resmi dibuka oleh, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, Senin (21/3/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Boy Wijanarko Paryanto, Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan Forum Koordinasi Perangkat Daerah,  Camat Sekabutan Natina, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. 

Kegiatan Musrenbang yang mengunsung tema "Peningkatan Daya Saing Daerah melalui Penguatan Infrastruktur dan Percepatan Peningkatan Ekonomi" berlangsung selama selama tiga hari di Gedung Sri Srindit. 

Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Amhar dalam kata sambutan penyampaikan, kegiatan musrenbang ini memiliki peran dan point strategis dalam dalam penyampaiaan dokumen pokok-pokok pikiran DPRD yang merupakan inventarisasi permasalahan berupa saran dan pendapat yang didasarkan pada hasil penyerapan aspirasi melalui reses anggota dewan, rapat dengar pendapat dengan mitra kerja, dan rapat dengan opd-opd terkait.

"Kami DPRD Natuna menyambut baik diselenggarakannya agenda musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Natuna tahun 2022 guna menyusun rencana kerja pemerintah daerah kabupaten natuna tahun anggaran 2023," ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati Natuna diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna dalam kata sambutan menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Natuna mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir, sedangkan angka kemiskinan di Natuna meningkat.

"Untuk itu, kedepan Pemda Natuna melangkah lebih gesit untuk meningkatkan pemulihan ekonomi dan peningkatan lapangan pekerjaan. Saya harap semua bersinergi dalam pelaksanaan Musrenbang demi mewujudkan visi dan misi Pemda Natuna," ungkap Boy.

Boy juga menyatakan, bahwa tahun ini estimasi pendapatan belanja daerah sebesar Rp 971 miliar. Langkah Pemda yakni fokus pada peningkatan ekonomi, infrastruktur, dan SDM.

"Saya berharap pelaksanaan Musrenbang tahun ini (2022) dapat menyelesaikan permasalahan daerah dalam pembangunan dan ekonomi daerah," ujarnya. 

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad dalam kata sambutan menyampaikan, Musrenbang ini adalah kewajiban yang harus dilakukan sesuai dengan undang-undang 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan nasional yang kemudian undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan juga Permendagri 86 mewajibkan kita melaksanakan kegiatan musrenbang ini, mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, maupun kabupaten kota Provinsi sampai nanti ke tingkat nasional.

"Karena ini berjenjang dari bawah maka musrenbang ini memang lebih bersifat dengan pola partisipatif dalam rangka kita mengadopsi kebutuhan kebutuhan prioritas masyarakat di masing-masing kabupaten kota. Maka nanti hasil musrenbang ini akan kita tuangkan dalam rencana kerja pembangunan tahunan yang wujudnya adalah rkpd di masing-masing kabupaten kota, " paparnya. 

(IK)


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.