Boronjong Pertahanan Kampung Ambruk, Warga Minta Pemerintah Memperhatikanya

Beronjong Penahan Rumah di Desa Pulo Gelime Ambruk. 

GALUS|KEPRIAKTUAL.COM: Ambruknya Beronjong penahan rumah yang berdekatan dengan sungai tersebut, membuat masyarakat Desa Pulo Gelime, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues merasa kawatir. Dikarenakan Beronjong yang ambruk tersebut merupakan pertahanan Kampung atau rumah warga yang berdekatan dengan kali tersebut.

Seperti Jailani (42) warga Pulo Gelime Kecamatan Tripe Jaya sangat panik karena Beronjong yang berdekatan dengan rumahnya ambruk setelah dihantam luapan sungai Kuala Tripe, akhirnya rumah warga tersebut terancam longsor, Jum'at (4/2-2002) tadi.

Lahat (36) warga setempat mengatakan, peristiwa itu terjadi saat hujan deras mengguyur kawasan hulu sungai Kuala tripe selama beberapa hari ini.

"Akibat dibet air meningkat akhirnya menghantam pendasi Beronjong hingga ambruk akibatnya, dua rumah milik warga setempat yang berada di bantaran sungai itu terancam ambruk ke dasar sungai," sebut Lahat.

Sementara Penghulu Pulo Gelime Syaripuddin saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, memang akhir-akhir ini Desa Pulo Gelime didera hujan deras dan mengguyur kawasan hulu sungai. Untuk itu, ia selaku Penghulu Kampung Pulo Gelime beserta seluruh masyarakat setempat.

Lanjutnya, sangat berharap kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi Aceh serta Pemerintah Pusat agar secepatnya turun ke Desa melihat dari dekat agar kampung ini segera kembali dibangun Beronjong yang telah ambruk.

"Apabila tidak segera diatasi, berkemungkinan kampung kami akan tergerus air Kuala tripe," terang Pengulu Syaripuddin.

Kemudian, lanjutnya, dirinya dalam waktu dekat akan mengadakan rapat umum didesanya dengan tujuan untuk membuat usulan Pembangunan kembali Beronjong pertahanan kampung kepada Pemerintah Daerah secara tertulis dengan disetujui oleh semua Tokoh masyarakat.

"Saya akan mengadakan rapat dengan masyarakat setempat serta Tokoh masyarakat agar pembangunan Beronjong tersebut akan kami usulkan kepada Pemerintah Daerah secara tertulis,agar segera mungkin membangun kembali Beronjong pertahanan desa,jika tidak segera dibangun berkemungkinan desa kami Pulo Gelime dalam ancaman besar," harap Syaripuddin. (MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.