Wakil Bupati Galus Buka Acara Pencanangan Komitmen Layanan JKN-KIS Tahun 2022

Acara Pencanangan Komitmen Layanan JKN-KIS Tahun 2022.

BLANGKEJEREN KEPRIAKTUAL.COM: Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah memberikan dampak positif terhadap Akses layanan kesehatan masyarakat. Hal itu dibuktikan seperti di Kabupaten Gayo Lues banyak masyarakat yang terbantu dalam memperoleh pelayanan kesehatan oleh Program JKN-KIS di fasilitas kesehatan setiap harinya.

Demikian disampaikan wakil Bupati Gayo Lues H.Said Sani saat membuka acara Pencanangan Komitmen Layanan tahun 2022 untuk Program KJN-KIS yang digelar di Pendopo Bupati, Rabu (19/01/2022).

Disamping itu, Wakil Bupati juga mengatakan, saat ini Program JKN-KIS merupakan bagian dari Program Pembangunan kesehatan yang perlu didukung, karena besarnya manfaat yang dirasakan Oleh masyarakat Gayo Lues pada umumnya.

"Untuk itu Program ini harus didukung Oleh semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah dan seluruh perangkat yang ada didalamnya. Menurut Data secara Nasional, menunjukan Jaminan Kesehatan Nasional berdampak pada penurunan belanja pribadi (Out Of Pocket) masyarakat terhadap layanan kesehatan," terang Wakil Bupati.

Selain itu, lanjut Said Sani, BPJS Kesehatan sendiri, merupakan wujud dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah dipilih Oleh Pemerintah. Justru pada saat itu,Pemerintah Provinsi Aceh telah menganggarkan Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) bagi seluruh masyarakat Aceh,itu patut disyukuri. Karena hampir seluruh penduduk Gayo Lues terdaftar sebagai peserta JKN-KIS,sehingga masyarakat tidak perlu khawatir ketika perlu mengakses layanan kesehatan karena telah ada yang menjamin.

"Namun di sisi lain, dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses layanan kesehatan karena adanya penjamin tentu akan berdampak pada peningkatan akses kepada layanan kesehatan itu sendiri, sehingga fasilitas kesehatan harus siap dengan kualitas pelayanan sesuai dengan diharapkan dan dambakan oleh masyarakat," ungkap Wakil Bupati ini.

Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapak Tuan Aswalmi Gusmita menjelaskan, dalam upaya peningkatan pelayanan berbasis Elektronik menjadi perhatian utama. Salah satu terobosan BPJS untuk mempermudah masyarakat dalam sistem pengambilan Antrian berbasis Mobile dan pengadaan Konsultasi dokter secara Online melalui Aplikasi BPJS Mobile.

"Saat ini kebutuhan pemeriksaan dan pengobatan Anggota BPJS Kabupaten Gayo Lues sudah dapat terpenuhi. Namun saya berharap agar para Stakeholder Kabupaten dan para mitra JKN-KIS dapat terus meningkatkan Performanya dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Karena hingga saat ini, terdaftar sekitar 23 Fasilitas Kesehatan yang siap melayani anggota BPJS Kesehatan di Kabupaten,dengan rincian, 12 Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten, 5 Klinik Pratama,5 dokter Umum dan 1 dokter Gigi," tutup Aswalmi mengahiri.

(MK)
Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.