Tokoh Masyarakat Minta BPK Transfaran Dalam Menentukan PJS Kepala Desa Penampaan Toa

Wakil Bupati Gayo Lues H.Said Sani.

BLANGKEJEREN|KEPRIAKTUAL.COM: Untuk kelancaran Adminitrasi Desa Penampaan Toa, sejumlah Tokoh Masyarakat (Tomat) meminta kepada perangkat Desa untuk transfaransi dengan Musyawarah terbuka tentang Pemilihan Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa/Penghulu Penempaan Toa, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.

Ketua Badan Pengawas Kampung (BPK) Usman Ali mengakui, sudah pernah melakukan musyawarah dengan anggota BPK untuk melakukan penjaringan PJS Kepala Desa Penampaan Toa, tanpa mengikut sertakan tokoh masyarakat.

"Musyawarah dilakukan memang tertutup, hanya Anggota BPK saja beberapa hari lalu, dan dari hasil penjaringan tersebut sudah kami tunjuk 'Sopian Porna' untuk direncanakan PJS Kepala Desa Penampaan Toa," jelas Usman Ali. 

Namun, lanjut Usman Ali, bila nantinya masyarakat menginginkan transfaransi dalam Pemilihan PJS Kepala Desa Penampaan Toa.

"Maka yang sudah Anggota BPK tunjuk dalam rapat tertutup tersebut, akan kami batalkan kembali bila masyarakat ingin pemilihan PJS Kepala Desa Penampaan Toa secara Transfaransi," ungkapnya.

Menanggapi hal diatas, Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani saat di konfirmasi melalui pesan Whats-App Minggu (22/01/2022) dini hari tadi mengatakan, akan menyampaikan kepada perangkat Desa Penampaan Toa, terkait pencalonan PJS Kepala Desa setempat.

"Akan kita musyawarahkan dengan Perangkat Desa Penampaan Toa sesuai yang di inginkan masyarakat tersebut," kata Wakil Bupati.

Terpisah, salah satu tokoh masyarakat Desa Penampaan Toa, Syafaruddin Telfi menyarankan kepada Badan Pengawas Kampung Desa setempat, untuk segera merencanakan musyawarah dengan nasyarakat.

"Kami minta supaya penjaringan calon pejabat sementara Kepala Desa ini agar adanya Transfaransi. Para Perangkat dengan masyarakat setempat, kiita tidak ingin hanya BPK saja yang menentukan. Akan tetapi masyarakat harus dilibatkan, supaya tidak ada imek negatif seolah-olah adanya unsur terselubung dalam menentukan PJS Kepala Desa Penampaan Toa"

"Saya sangat berharap kepada perangkat khususnya BPK agar transfaran untuk menentukan pejabat sementara, tolong libatkan masyarakat agar nantinya Desa Penampaan Toa bisa menjadi teladan bagi Desa lain," harap Safaruddin Telfi mengahiri. 

(MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.