Data Kependudukan Dabel, Bupati Galus Perintahkan Dinas Dukcapil Turun ke Sebelas Kecamatan

Kunker Bupati Galus ke Dukcapil.

BLANGKEJEREN KEPRIAKTUAL.COM: Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru perintahkan Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar segera turun ke lapangan untuk mensinkronkan data Kependudukan dengan target capaian Vaksinasi di Sebelas Kecamatan yang ada di Gayo Lues ini.

Karena masih ada Penduduk Gayo Lues yang sudah meninggal dunia,pindah tempat tinggal, Nomor Induk Kartu (NIK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dabel dan tinggal di luar daerah, namun masih tercatat didalam 74.545 target Vaksinasi.

Hal itu disampaikan Bupati Gayo Lues H.M.Amru saat melakukan kunjungan Khusus ke Dinas Dukcapil, Senin (03/1/2022).

Menurut Bupati, adanya laporan dari kepala Puskesmas Pining,masih banyak masyarakat di Kecamatan Pining yang sudah Vaksin namun tidak bisa di Input dalam Aplikasi Pcare milik BPJS dimana Nomor NIK Kependudukannya tidak diterima oleh Aplikasi Pcare. Selain itu banyak Nomor NIK yang Dabel NIK satu dimiliki oleh dua orang.

"Saya minta saudara Kepala Dinas Kependudukan maupun yang mewakili agar segera turun ke Sebelas (11) Kecamatan guna berkoordinasi untuk meluruskan ini semua dan permasalahan Data Kependudukan di Desa-Desa yang ada di setiap Kecamatan yang ada di wilayah Gayo Lues ini,agar data tersebut jangan ada lagi dabel yang artinya satu KK ya satu Kepala Keluarga dan jangan ada lagi Dabel,ini segera dilakukan guna mendukung program Pemerintah baik Pusat maupun Daerah," terang Bupati.

Bupati menegaskan, dampak dari permasalahan yang ada kepada target yang diberikan ke Gayo Lues sejumlah 74.545 tidak akan pernah tercapai karena masyarakat yang mau di Vaksin tidak ada lagi. 

"Andaikan saja ini bisa di sinkronkan kesesuaian data nama dan alamat ini dapat membuktikan adanya kesalahan yang dapat diperbaiki dan Data ini keperluannya sangat banyak salah satunya untuk keperluan Data Pilkada agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih besar sewaktu pelaksanaan Pilkada yang akan datang," jelasnya.

Menyikapi hal itu, Kadis Dukcapil Gayo Lues melalui Sekretaris Selamat menyebutkan, apa yang diperintahkan pak Bupati kepada kami,siap untuk melaksanakan Perintah. Namun demikian akan melakukan Koordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Dinas Dukcapil.

"Untuk memudahkan kerja, kita akan minta ijin ke Pusat mengeprint Data Penduduk mulai dari umur 11 Tahun keatas guna menyesuaikan dengan jumlah target Vaksin yang ada di Perkecamatan. Dari hasil cek and ricek yang dilakukan terhadap Aplikasi masih ada petugas yang salah menginput Nomor NIK dan kode wilayah hingga NIK tidak bisa masuk ke Aplikasi Pcare," ujarnya. .

Pada Kunjungan tersebut Bupati di Dampingi Dandim 0113 Gayo Lues Letkol Inf. Yudhi Hendro Prastyo, Kapolres Gayo Lues AKBP Cralie Syahputra Bustamam dan Kajari Gayo Lues Fahmi SH. (MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.