Baitul Mal Gayo Lues Rehab 100 Unit Rumah Duafa

Ketua Baitul Mal Gayo Lues Tgk. Kamsyah didampingi Sekretaris Baitul Mal Gayo Lues, Wahidin Porang.

BLANGKEJEREN|KEPRIAKTUAL.COM: Baitul Mal Gayo Lues rehabilitas 100 Unit Rumah Duafa yang tersebar di Sebelas (11) Kecamatan, serta melakukan terobosan-terobosan Inovatif, seperti membentuk dan mempungsikan Tim Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) supaya Zakat dari para Muzaki dapat terserap serta dikelola dengan baik oleh Baitul Mal Gayo Lues.


Ketua Baitul Mal Gayo Lues Tgk. Kamsyah diruang kerjanya Rabu (27/01/2022) mengatakan, Baitul Mal Gayo Lues saat ini telah merehabilitas 100 Rumah kaum Duafa yang tersebar di Sebelas (11) Kecamatan. Diantaranya di:


  • Kecamatan Blangkejeren 20 Unit.
  • Kecamatan Kutapanjang 11 Unit.
  • Kecamatan Blangjerango 10 Unit.
  • Kecamatan Terangun 10 Unit.
  • Kecamatan Tripe Jaya 10 Unit.
  • Kecamatan Rikit Gaib 7 Unit.
  • Kecamatan Pantan Cuaca 7 Unit.
  • Kecamatan Sabun Gelang 3 Unit.
  • Kecamatan Putri Betung 8 Unit 
  • Kecamatan Pining 7 Unit dan 
  • Kecamatan Blangpegayon 7 Unit. Total 100 Unit.


"Untuk itu, saya berharap Baitul Mal Gayo Lues kedepan terus melakukan terobosan - trobosan Inovatif membentuk serta mempungsikan Tim Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), Agar zakat dari Muzakki agar dapat dikelola secara baik dan fropesional oleh Baitul Mal Gayo Lues. Dan Tim UPZ ini nantinya bertugas untuk mengumpulkan zakat dan langsung mendatangi serta menjalin kerja sama dengan Instansi Vertikal dan Pengusaha besar yang ada di Gayo Lues," harapnya Tgk. Kamsyah.


Kedepan lanjutnya, Baitul Mal Gayo Lues akan memprogramkan Bedah Rumah bajednya 50 juta untuk setiap rumah. 


"Supaya nantinya, zakat infak lebih tepat sasaran penyalurannya dan menyebar, Baitul Mal Gayo Lues mengharapkan kepada para Muzakki yang ada di Gayo Lues, hendaknya bekerja sama menyalurkan zakat mereka melalui Baitu Mal sebagai lembaga resmi dalam penyaluran zakat,Infak dan sedekah," ujarnya.


Menanggapi hal itu, Koordinator Pendamping Penyaluran Zakat Tgk. Al Misriadi, S. Pd M. Kom mengatakan, penyaluran zakat Infak dan lainya oleh Baitul Mal Tahun ini lebih tepat sasaran serta menyebar di Sebelas Kecamatan.


"Contoh kongkritnya, rehabilitas rumah untuk kaum Duafa, Baitul Mal juga menyalurkan zakat berupa bantuan terhadap siswa-siswi kurang mampu yang berprestasi di tingkat SD/SMP dan ini sudah kita salurkan kepada 100 Siswa yang kita ambil dari sebelas Kecamatan dengan besar bantuan 800 ribu rupiah untuk tingkat SD dan  1 juta untuk tingkat SMP," jelas Tgk. Al Misriadi.


Selain itu lanjutnya, disamping merehabilitas 100 rumah Duafa kita juga memberikan kepada setiap para Musafir 17 juta untuk ongkos tukang ini kita pastikan rata 4 juta, sementara untuk bahan disesuaikan dengan RAB atau kebutuhan yang di usulkan oleh yang menerima, dan bahan tersebut dibeli langsung oleh mereka, melalui pengawas Tim pendamping.


"Untuk itu kita berharap kepada penerima agar memanfaatkan dana tersebut untuk keperluan pembangunan rumah tersebut agar para Musafir betul - batuk mengatur pengeluaran. Selain itu pihak Baitul Mal juga menyalurkan zakat dari para Muzakki kepada 200 pedagang yang berstatus janda serta yang mempunyai modal sangat minim," tutupnya. (MK)

Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.