Tingkat Utama Nasional, Penghulu Kampung Umelah Dapat Penghargaan dari KLHK RI

Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru, Didampingi Kadis LHK drh, Ibnu Hafid, saat Menyerahkan Tropy Proklim Tingkat Utama Nasional dari Menteri LHK RI Kepada Penghulu Kampung Umelah.

GALUS KEPRIAKTUAL.COM: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) memberikan penghargaan Program  Kampung Iklim (Proklim) kepada Penghulu Kampung Umelah, Kecamatan Blang pegayon, Kabupaten Gayo Lues.

Pemberian penghargaan diberikan pada acara puncak Festival Iklim Tahun 2021,yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Pada Selasa 19 Oktober 2021 lalu secara Hybrid (Faktual dan Virtual). 

Tropy Proklim dari KLHK RI tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru kepada Penghulu Umelah, Kecamatan Balang pegayon, Jumat (12/11/2021).

Dalam sambutannya Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru mengatakan, Sangat meng Aspresiasi usaha yang dilakukan Pemerintah Kampung Umelah, Kampung Tetinggi Kecamatan Blang pegayon dan Kampung Remukut Kecamatan Pantang Cuaca  yang mendapatkan Sertifikat Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 

"Inisiatif yang dilakukan para pelaksana Program Kampung Iklim sangat penting,atas upaya dan usaha tersebut,supaya Gayo Lues agar dikenal di tingkat Nasional. Terimakasih kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Ibu Siti Nurbaya beserta jajarannya yang telah memberikan penghargaan serta menetapkan Kampung Umelah sebagai Pemenang Proklim Tingkat Utama Nasional," kata Bupati. 

Selain itu, lanjut Bupati, Proklim yang diluncurkan sebagai gerakan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas, merupakan bentuk pengakuan Pemerintah atas inisiatif, dedikasi, dan komitmen masyarakat dalam mendukung penguatan kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

"Agar masyarakat Umelah tetap menjaga kebersihan dan keasrian kampung tersebut, sebab sebutnya tidak menutup kemungkinan kedepannya akan datang tamu dari Daerah lain untuk melakukan studi banding menggali informasi tentang upaya yang dilakukan sehingga kampung Umelah ini bisa menjadi pemenang di tingkat nasional," pesan H. Amru.

Ditambahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup drh. Ibnu Hafid, kegiatan yang digelar hari ini merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di ruang kerja Bupati Gayo Lues baru-baru ini. 

“Setelah trophy kita terima dan kita langsung jemput dari Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta. Kegiatan penyerahan secara langsung kepada Pemerintahan Kampung Umelah hari ini dapat kita lakukan. Terwujudnya kemenangan kampung Umelah ke tingkat Nasional tersebut merupakan hasil kerjasama aparatur kampung dengan jajaran Dinas lingkungan hidup dan Muspika Kecamatan," kata Ibnu Hafid. 

Sementara Camat Blangpegayon Wahidin Porang,S.pd berharap, setelah Umelah Kampung Akang Siwah juga akan diberdayakan terutama dalam bidang Kepariwisataan.

"Kita minta dukungan dari Dinas Pariwisata Gayo Lues agar mengupayakan pengembangan Pariwisata di Kampung Akang Siwah, karena daerah tersebut sangat cocok dikembangkan dalam bidang wisata," ujar Wahidin Porang. 

Di akhir acara Pengulu Kampung Umelah sangat bersyukur kemenangan yang diraih desa Umelah ini bukan semata-mata hasil kerja satu pihak saja melainkan hasil kerjasama berbagai pihak mulai dari jajaran Dinas, Kecamatan serta Pemerintahan kampung tentunya juga didukung semua pihak termasuk masyarakat setempat.

Hadir dalam acara tersebut Selain Bupati juga dihadiri Sekda Ir. Rasyidin Porang, Kadis Kominfo, Said Winta Reza, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Syukri Kasim, Kadis Pariwisata Irsan Firdaus, Kadis Pertanian Said Bakhtiar,Kadiskes Riadussalihin,dan Dirut PDAM Muhammad Ali. (MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.