Pemkab Gayo Lues Raih Penghargaan Nirwasita Tantra Award Tahun 2020 dari KLHK RI

(Foto:Ist)

GALUS KEPRIAKTUAL.COM: Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues meraih penghargaan Nirwasita Tantra Award Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Piagam Penghargaan tersebut diwancanakan akan diserahkan langsung oleh Kementerian LHK melaui Kepala DLHK Aceh kepada Bupati Gayo Lues H.Muhammad Amru yang dinilai berhasil merumuskan, menerapkan kebijakan dan Program kerja serta mengurangi resiko lingkungan secara signifikan.

Nirwasita Tantra adalah penghargaan Pemerintah Pusat kepada daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menetapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan,sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gayo Lues, drh Ibnu Hafit menjelaskan, penghargaan ini diraih atas keberhasilan kepala daerah dalam merespon persoalan lingkungan hidup yang dituangkan dalam penyusunan dokumen informasi lingkungan daerah.

"Nirwasita Tantra itu bentuk penghargaan pemerintah kepada kepala daerah atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan yang ditambah dengan kemampuan berinovasi dan sikap responsif dalam menjawab setiap persoalan lingkungan,” ujar Ibnu Hafit dalam siaran persnya, Jumat (26/11/2021) kemaren.

Menurut Ibnu Hafit, apresiasi ini berdasarkan dokumen informasi kinerja pengolahan lingkungan hidup daerah Kabupaten Gayo Lues tepat waktu dan sesuai dengan prinsip pembangunan Green Economy,sehingga KLHK memberikan apresiasi kepada Bupati Gayo Lues.

Oleh karena itu, harap Ibnu Hafit, melalui Niwasita Tantra ini, pemerintah daerah akan mampu mendorong, mendukung kebijakan dan langkah aksi dalam mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat bagi seluruh warga Indonesia khususnya masyarakat Gayo Lues pada umumnya.

Selain Bupati, lanjut Ibnu Hafit, Kementerian LHK juga memberikan piagam penghargaan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Gayo Lues, karena komitmen mereka dalam menjaga lingkungan hidup melalui penyusunan Perda Masyarakat Adat, pengelolaan sampah, Tanah Objek Reforma Agraria.

"Pimpinan eksekutif dan legislatif diharap akan kembali meraih piagam Nirwasita Tantra pada penyusunan DIKPLHD tahun 2022 mendatang," tutur Ibnu Hafit dalam siaran Pers nya. (MK)
Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.