Buka Penyuluhan Ketahanan Pangan, Bupati Jamin IRT UKM di Kabupaten Karimun

Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat Menyampaikan Kata Sambutan. 

KARIMUN KEPRIAKTUAL.COM: Bupati Karimun Bpk. Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si memberi sambutan sekaligus membuka acara pelatihan Penyuluhan Ketahanan Pangan (PKP) bagi UKM Produk olahan rumah tangga Kabupaten Karimun, Senin (29/11).

Acara berlangsung di Gedung Balai Sri Gading Tanjung Batu yang dihadiri Ibu Ketua TP PKK Kab. Karimun, Kadis Koprasi UKM dan ESDM, Serta peserta pelaku UMKM Dari Kecamatan Kundur, Kecamatan Kundur Utara, Kecamatan Buru dan Kecamatan Ungar. Dengan tetap mematuhi  Protokol kesehatan.

Kadis Koprasi UKM dan ESDM saat menyampaikan laporan kegiatan. Dikatakanya, pelaksanaan penyuluhan ini memiliki beberapa tujuan, yaitu, tujuan umumnya adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan UKM hingga mampu mengembangkan usahanya menjadi lebih produktif efesien dan mampu bersaing di pasar konfensional.

"Kemudian tujuan khususnya yaitu memiliki legalitas produk usahanya, UKM yang dapat mengembangkan usahanya dengan pola jaringan kemitraan dalam memproduksi dan mendistribusi ke pasar, dan mampu menembus pasar internasional," ujarnya. 

Kemudian, dalam arahannya Bupati Karimun menyampaikan pelaksanaan penyuluhan ini merupakan salah satu visi misinya yang juga masuk dalam rencana aksi Pemda Karimun jalankan saat ini. Dimana orang nomor satu tersebut ingin pelaku usaha mikro Kabupaten Karimun ini memiliki legalitas yang jelas yang tentu saja ini menambah kepercayaan konsumen dalam membeli produk UKM Kabupaten Karimun.

Selanjutnya, Bupati Karimun juga berharap pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya pembekalan ilmu tetapi harus juga diiringi dengan kelengkapan administrasinya.

"Kami berharap pelaku UKM yang ada di kabupaten Karimun ini dapat memiliki sertifikat IRT sebagai kelayakan produknya, dengan itu saya menjamin dalam kegiatan ini kalau tidak percuma kegiatan ini kita laksanakan," ucap Bupati Karimun.

Dengan itu, lanjutnya, adanya legalitas tersebut para pelaku UKM Kab. Karimun nantinya akan mampu bersaing dan memasarkan produksinya di minimarket-minimarket dan juga pasar internasional.

Menutup arahannya, Bupati Karimun memberikan saran kepada peserta penyuluhan yang merupakan pelaku UKM agar tetap menjaga konsistensi baik dari rasa maupun jumlah produksinya sehingga produk yang dihasilkan selalu terjamin.

Ahmad Yahya
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.