14 Peserta Siswa SMA/SMK Ikuti Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kabupaten Galus

Kejari Galus Gelar Seleksi Duta Pelajaran Sadar Hukum.

GALUS KEPRIAKTUAL.COM: Kejaksaan Negeri (Kejari) Gayo Lues adakan seleksi 'Duta Pelajaran Sadar Hukum' bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat Kabupaten di Aulla Dinas Pendidikan, Kamis (28/10/2021) Kemaren. 

Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues Ismail Fahmi, SH kepada Wartawan menjelaskan, Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan hukum sejak dini kepada pelajar, sehingga dapat memahami dan Taat terhadap aturan sendiri. 

"Selain mengedukasi Undang - undang 2004 Tentang Kejaksaan. Juga yang utama adalah, supaya Siswa - siswa ini sudah mengenal hukum. Sehingga nanti setelah dia lulus, dia sudah tahu mana yang menjadi aturan yang dilarang dan menekuninya sejak dini," Kata Ismail Fahmi usai kegiatan berlansung. 

Menurut Fahmi para pelajar, patut mendapatkan bimbingan terhadap norma hukum yang berlaku saat ini, hal itu diperlukan untuk bekal hidup mereka dilingkungan Sekolah dan masyarakat. 

"Ajang ini di ikuti oleh 14 peserta dengan rincian 12 peserta dari Sekolah Menengah Atas, dan 2 peserta lainya dari Sekolah Menengah Kejuruan. Nah setelah kita lakukan Seleksi, kita telah mendapatkan 3 Pemenang dari Sekolah yang berbeda, nantinya yang menang di Tingkat Kabupaten Gayo Lues akan dibawa mengikuti Seleksi Duta Pelajaran Sadar Hukum ke Tingkat Provinsi pada Bulan November mendatang," kata Ismail Fahmi. 

Kemudian, lanjut Fahmi, kegiatan ini tidak hanya sekedar memilih juara atau mengenalkan hukum kepada para pelajar. Akan tetapi, baik juara maupun tidak, para peserta yang pernah mengikuti ajang ini akan dilibatkan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Kejaksaan disetiap tingkatan, khususnya dalam kegiatan yang bersentuhan langsung dengan pendidikan di Sekolah. 

"Jadi bagi yang tidak juara pun, minimal di Sekolahnya bisa menjadi Duta pelajar. Nah, untuk menambah ilmunya bisa berkoordinasi langsung dengan Kejaksaan Negeri Blangkejeren. Kejaksaan Negeri sendiri pun sesuai dengan TPA kami, ada yang namanya Jaksa masuk Sekolah, jaksa masuk Pasantren, nah itu di libatkan menjadi Role model, terutama yang juara satu, " tutur Fahmi mengakhiri. 

Kegiatan Duta Pelajar Sadar Hukum tersebut selain Kejari juga dihadiri oleh Kasi Manajemen Guru dan Tenaga Pendidikan, Basri, S. Pd, para Kepala seksi dan Calon Jaksa pada Kejaksaan Negeri Galus dan sekaligus bertindak sebagai dewan juri. 

Berikut pemenang pada Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum yakni :

Juara 1. SMA Negeri 1 Seribu Bukit. 

Juara 2.SMA Negeri 1 Terbangun

Juara 3. SMA Negeri 1 Putri Betung. ( MK )
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.