Dispar Kepri Gesa Ekonomi Kreatif Bangkit di Masa Pandemi

Foto:Ist

TANJUNGPINANG KEPRIAKTUAL.COM: Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau berupaya mendorong pelaku ekonomi kreatif dan usaha kecil menengah bangkit di masa pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar, di Tanjungpinang, Jumat (17/09), mengatakan, berbagai kegiatan kepariwisataan yang digelar secara terbatas melibatkan banyak pihak, seperti seniman, pelaku usaha kecil menengah (UKM), dan pemilik peralatan musik.

"Sektor pariwisata agak lambat berkembang sehingga mempengaruhi ekonomi kreatif dan UKM. Kalau sektor pariwisata bangkit, kami yakin dan optimistis kedua sektor itu juga bangkit," katanya.

Bulalimar mengemukakan Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengarahkan agar kegiatan Dinas Pariwisata Kepri mendorong pemberdayaan masyarakat dan berperan dalam meningkatkan produktivitas UKM.

Sejumlah kegiatan kepariwisataan yang digelar terbatas Dinas Pariwisata, yang bekerja sama dengan pihak lainnya dalam beberapa bulan terakhir memberi dampak positif bagi para seniman, pelaku ekonomi kreatif dan UKM. Kegiatan kepariwisataan yang sudah dilaksanakan di sejumlah mal di Batam, dan kegiatan lainnya di Kabupaten Bintan.

Bahkan Dinas Pariwisata mendorong para pengusaha yang tidak terlalu terdampak pandemi COVID-19 untuk membantu meningkatkan produktivitas UKM.

"Ada cukup banyak pengusaha yang tergerak hatinya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu," ucapnya.

Buralimar optimistis sektor pariwisata bangkit setelah pemerintah dan masyarakat secara umum berupaya keras menurunkan potensi penularan COVID-19. Persentase vaksinasi yang diberikan kepada aparatur pemerintahan, tenaga kesehatan, dan masyarakat, yang tinggi, di atas nasional, juga  mendorong kepercayaan publik untuk berwisata di Kepri.

Saat ini, kata dia kemajuan pariwisata di Kepri dipengaruhi kasus aktif COVID-19. Semakin rendah kasus aktif COVID-19, seperti yang terjadi saat ini, maka sektor pariwisata akan bangkit.

"Pelaku usaha kepariwisataan sekarang hanya berharap dari wisatawan lokal dan nusantara. Jumlahnya sudah semakin baik. Namun kami berharap wisman, terutama dari Singapura dapat berkunjung ke seluruh objek wisata di Kepri. Ini akan berdampak positif pada sektor perekonomian masyarakat," tuturnya.


Red/Diskominfo Kepri



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.