24 Putra Putri Asal Karimun Ikuti SKPP Tingkat Dasar, Wakil Wali Kota Batam Sebut Bisa Jadi “Mata Dan Telinga” Untuk Negara

24 Putra-Putri Asal Karimun Ikuti SKPP Tingkat Dasar. 

BATAM KEPRIAKTUAL.COM: Sebanyak 24 putra dan putri asal Kabupaten Karimun baru saja mendeklarasikan diri sebagai Kader Pengawas Partisipatif, Rabu (22/9). 

Kedua puluh empat pemuda dan pemudi Karimun tersebut sebelumnya telah mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021 selama 3 hari mulai tanggal 20 - 22 September 2021 di Golden View Hotel, Kota Batam.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat S.Sos mengungkapkan, bahwa Sekolah Kader Pengawas Partisipatif ini merupakan program milik Bawaslu yang dijadikan program prioritas Nasional oleh Bappenas.

Pria kelahiran Desa Jang, Kecamatan Moro yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyatakan harapannya agar kegiatan SKPP dasar tersebut tidak hanya menjadi sebatas kegiatan seremonial saja namun ia juga berharap ada rencana serta tindak lanjut hasil dari kegiatan tersebut. 

Ia menegaskan Bawaslu Kabupaten Karimun siap membuka ruang diskusi yang sebesar-besarnya bagi para alumni SKPP. Kemudian, kata dia, kesiapannya untuk menggandeng dan memaksimalkan Kader Pengawas Partisipatif untuk menyebarluaskan pengawasan partisipatif ke masyarakat. 

"Setelah mengikuti SKKP tingkat dasar ini diharapkan kedepannya para kader pengawas partisipatif dapat membantu Bawaslu Kabupaten Karimun dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, agar tingkat partisipatif masyarakat untuk mengawal dan mengawasi penyelenggaraan pemilu maupun pilkada 2024 semakin meningkat guna menghasilkan pemilu dan pilkada yang jujur, adil, berintegritas dan demokratis," katanya.

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, dalam sambutanannya saat membuka kegiatan mengatakan bahwa alumni SKPP nantinya bisa jadi agen perubahan untuk proses demokrasi yang lebih baik. 

"Rumitnya membangun demokrasi bukan hanya merupakan tugas Penyelenggara Pemilu saja melainkan tugas bersama berbagai pihak termasuk masyarakat," ujar beliau.

Sementara Amsakar Achmad, Wakil Wali Kota Batam yang juga turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan menyambut baik serta menyapaikan apresiasinya dengan mendukung terselenggaranya pelaksanaan kegiatan ini. 

"Semoga kader-kader ini siap menjadi mata dan telinga bukan hanya bagi Bawaslu saja, tetapi menjadi mata dan telinga untuk kepentingan negara," tutupnya.

Yahya
Tags ,


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.