150 Peserta Guru se-Galus Bidang Studi Jenjang SMP Ikuti Pelatihan dan Lomba Kompetensi

Guru se-Galus Ikuti Pelatihan Kompetensi. 

GAYO LUES KEPRIAKTUAL.COM: Untuk meningkatkan mutu Guru Bidang Studi, jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues adakan pelatihan serta lomba kompentensi guru se Gayo Lues bertempat di Aula Dinas Pendidikan setempat, Senin (20/09/2021) kemaren. 

Menurut Ketua Panitia Saidi Thalib, ST. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih, meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas serta Profesionalisme guru dalam mengajar di kelas nanti. "Pelatihan dilaksanakan selama 10 hari dari Tanggal 20 September hingga Tanggal 29 September 2021," Kata Thalib. 

Lanjut Thalib, peserta pelatihan ini berjumlah 150 peserta terdiri dari lima guru mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris, dengan sistim pelatihan dibagi menjadi tiga gelombang. Selain itu tehnik kegiatan pelatihan dan perlombaan ini nantinya diawali dengan Pre -Test pembinaan Post -Test dan diakhiri dengan pemberian Riwot. Yang dibimbing oleh Instruktur LPMP dari Provinsi Aceh. "Kegiatan ini bersumber dari dana Otsus," jelasnya. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Galus Kasimuddin,ST, MP berharap dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kesiapan guru untuk menyambut Industri 4.0. Kegiatan seperti ini akan terus kita galakan, untuk pengembangan kompetensi serta kualitas para guru dalam menyambut era Pendidikan 4.0.serta pengimplentasian sistem pembelajaran Hingga Thinking order (Hots). 

"Bermutu merupakan singkatan dari Better Educational Thurough Reformed Management And Universal Teacher Upgading. Konsepnya seperti peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan kopentensi dan kerja guru dilatarbelakangi Undang - undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan Dosen," kata Kasimuddin. 

Selain itu katanya, peningkatan jumlah guru yang memenuhi kualifikasi akademik sesuai Standar Pengimpelentasian pemetaan guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) daerah sesuai dengan latar belakang Pendidikan, hingga penurunan angka kemangkiran tenaga pendidik. 

"Untuk itu, guru mata pelajaran yang diundang saat ini adalah guru yang mampu mata pelajaran inti artinya, mata pelajaran yang Dominan disekolah. Mereka bukan hanya dilatih sampai disini saja, kami punya program untuk tahu  depan akan mengadakan pengawas khusus yang mengawasi guru bidang studi yang dilatih saat ini disekolah Masing - masing. Hal ini bukan untuk Menakutkan - nakuti para guru, akan tetapi mengupayakan merubah Pendidikan lebih maju lagi," ujar Kasimuddin. (MK)
Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.