Tahun ini, Kabupaten Gayo Lues Jadi Tuan Rumah Pelatihan Lastar CPNS

Wakil Bupati Gayo Lues Membuka Pelatihan Lastar CPNS.

GAYO LUES KEPRIAKTUAL.COM: Tahun ini Kabupaten Gayo Lues dipercaya menjadi tuan rumah Latihan Dasar (Lastar) untuk 372 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani saat membuka pelatihan dasar untuk menjadi CPNS di Hotel Tawar Dingin, Kota Blangkejeren, Senin (23/8/2021).

Dalam kata sambutan H. Said Sani mengatakan, apa yang diharapkan pemerintah sebagai yang tertulis dalam peraturan Kediklatan dengan pola yang baru.

"Pelatihan Dasar CPNS adalah pendidikan dan latihan dalam masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegritas untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan kerakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, serta memperkuat profesionalisme dan kompentesi bidang," kata Wakil Bupati.

Kemudian, lanjutnya, pelatihan dasar CPNS ini bertujuan mengembangkan kompetensi yang dilakukan secara terintegrasi, kopentensi diukur berdasarkan kemampuan sikap perilaku bela negara serta mengaktualisasikan kedudukan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita berharap kepada para CPNS, pada saat nanti akan tiba gilirannya untuk memberikan kontribusi yang besar untuk membangun Kabupaten di wilayah kerja masing-masing. Apalagi saat ini dunia industri sudah memasuki era baru yang dikenal sebagai revolusi Industri 4.0 atau era digital, hal ini ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi secara masif oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Drs, Jamaluddin, M. PD menjelaskan, tahun ini Kabupaten Gayo Lues dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Latsar CPNS Aceh.

"Adapun daerah yang mengikuti Latsar yang dilaksankan di Galus antara lain: Kabupaten Semeulue, Subusalam, Kota Langsa, Abdya dan Aceh Tengah," kata Jamaluddin.

Ditambahkan Kabid Pengembangan Potensi Manjerial dan Sosial Futural pada BKPSDM Provinsi Aceh, Nulul Autar. Ia menjelaskan, Gayo Lues dipilih sebagai tempat paling Persentatif pada masa Pandemik Covid-19 dari pada Kabupaten lain yang ada di Provinsi Aceh.

"Saya berharap pelatihan Latsar ini sebagai syarat untuk menjadi PNS. Pelatihan ini nantinya akan diberikan materi kepribadian, wawasan kebangsaan, etika, publik karakter dan manajemen administrasi. Diharapkan pelatihan ini bisa berjalan sukses," Kata Nulul. 

Pembukaan pelatihan Latsar CPNS tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Subulusalam, Kabid SDM Dinas SKPSDM Aceh serta Kepala BKPSDM Kabupaten lain serta SKPK Galus. 

Kemudian rencana penyelenggaraan latsar ini ditempatkan di tiga lokasi yang berbeda, diantaranya Hotel Tawar Sejuk, Nusa Indah dan Hotel Marmas.

Mustafa Kamal

Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.