349 Tenaga Kesehatan Sudah Divaksin Covid-19 di RSUP RAT

Penyuntikan vaksin Covid-19 kepada salah satu Nakes RSUD RAT.

TANJUNGPINANG KEPRIAKTUAL.COM: Sejak dimulai pencanangan vaksinasi Covid-19 14 Januari 2021 lalu, sebanyak 349 Tenaga Kesehatan (Nakes) telah divaksinasi vaksin di RSUD Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang. Jumlah Nakes yang telah divaksin itu terhitung hingga Jumat (22/1/2021).

Direktur RSUD RAT  Dr dr H A Yusmanedi, MMRS, SpEM menjelaskan, nakes yang disuntik vaksin di RSUD RAT bukan saja berasal dari Nakes RSUD RAT saja, tetapi ada juga yang bertugas di Dinkes Provinsi Kepri, KKP, dan Puskesmas, sesuai fasilitas kesehatan (Faskes) Penyelenggara Vaksinasi.

Yusmaedi menambahkan, jumlah seluruh Nakes di RSUD RAT sebanyak 786 orang, terdiri dari dokter, perawat, bidan, radiografer, pegawai administrasi dan lain lain. 

Para Nakes yang akan mengikuti vaksinasi diharuskan melakukan registrasi dan screening lebih dahulu. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, para tenaga kesehatan disuntik vaksin di ruangan yang telah ditentukan. 

Nakes yang telah disuntik vaksin diobservasi selama 30 menit untuk melihat reaksi dari penyuntikan vaksin corona terhadap tubuh.

"Sejauh ini belum ada dijumpai reaksi yang dikhawatirkan," terang Yusmaedi.

Setelah dilakukan vaksinasi,  Nakes tetap harus melaksanakan protokol kesehatan 3 M : memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau yang  berbahan alkohol 75?n menjaga jarak aman. Vaksinasi  ini dilakukan sebanyak 2 kali dan akan diulang minimal 14 hari berikutnya.

"Alhamdulillah, pencapaian target vaksinasi terhadap Nakes di 92 kab/kota se Indonesia pertanggal 19 Januari 2021, Wilayah Kota Tanjungpinang menduduki urutan ke-17. Artinya, tingkat partisipasi mensukseskan Program pemerintah, Nakes di wilayah Kota Tanjungpinang layak diapresiasi," papar Yusmaedi.

Yusmaedi meyakini program Vaksinasi Covid -19 dapat memberikan perlindungan dan keamanan bagi Nakes yang bertugas di garda terdepan penanganan Covid-19.

"Nakes juga lebih aman dan tenang memberikan pelayanan kesehatan kpd Saudara kita yg dirawat karena Covid-19," pungkasnya.


Sumber: Diskominfo Kepri

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.