Breaking News

Peduli Kebersihan, Bupati dan Masyarakat Anambas Bersihkan Sampai di Pinggir Pantai

Bupati Anambas Timbang Sampah Hasil Bersih dari Pinggir Pantai
ANAMBAS KEPRIAKTUAL.COM: Seluruh elemen masyarakat Anambas dari tujuh Kecamatan, Kabupaten Kepulauan Anambas serentak melakukan kegiatan Gerekan Bersih Pantai dan Laut (GBPL), Minggu (19/8-2018).

Kegiatan tersebut dilakukan di kawasan Pasir Manang, Pelabuhan Pemda, Sungai Sugi, Sungai Jalan Patimura, dan Sungai Jalan Takari, jalan Selayang Pandang, di Desa Sri Tanjung, Kec Siantan, dan Tanjung Momong.

Acara kegiatan tersebut, Grup satria FU Anambas turut serta dan antusias melakukan bersih sampah di pasir Manang Tanjung Momong yang diketuai oleh Jarod.

Kemudian, diikuti oleh Bupati KKA, Abdul Haris SH, beserta perwakilan dari seluruh OPD Anambas. Juga diikuti sertq World CleanUp Day (WCD), Komunitas Pecinta Alam Anambas (KOMPAS), Anambas Snorkling Comunity (ASC),  Satria Fu Anambas. yang jumlah pesertanya diperkirakan mencapai 500 orang.

Kepala Subseksi Pendayagunaan dan Pengawasan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Lukman Faishol mengatakan, Kabupaten Kepulauan Anambas termasuk dalam salah satu dari 73 titik sepanjang pesisir pantai seluruh Indonesia dalam melaksanakan kegiatan GBPL.

Menariknya, kegiatan pembersihan itu dilakukan dengan berjalan kaki para peserta relawan di sepanjang jalan Selayang Pandang yang diperkirakan berjarak 1.440 meter serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Padamu Negeri, dengan berpegangan tangan.

Panitia dengan koordinator telah ditunjuk, membawa tujuh anggota dan mengumpulkan sampah sesuai kategorinya, yaitu kategori sampah plastik kemasan non fleksibel, botol plastik, kemudian kategori 2  Fleksibel Kantong plastik sisa makan, kategori 3 sampah Kaca, kategori 4 sampah kain, jaring nelayan, baju, kategori 5  Sampah kaleng seperti bekas minuman, kategori 6 untuk sampah karet sterofom, sandal jepit, sedangkan kategori 7 terdiri dari sampah yang beda dengan sampah yang lainnnya.

Dijelaskan Lukman Faishol, kegiatan tersebut mengacu pada surat edaran Menteri Kelautan dan Perikanan dan Surat Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Nomor 864/DJPRL/VIII/2018 tentang Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) serentak tanggal 19 Agustus 2018 pukul 16.00 WIB.

“Gerakan Bersih-bersih memberikan edukasi kepada masyarakat dan sekaligus mengkampanyekan gerakan kebersihan sedunia yang diikuti oleh 150 negara di dunia pada tanggal 15 September 2018 yang akan datang," ujarnya Lukman Faishol.

Arthur.
Bagikan:
Baca juga