Blangko KTP-elektronik Habis, Mendagri: Daerah Tinggal Minta Saja

Mendagri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Blangko KTP-elektronik tersedia cukup untuk kebutuhan daerah, kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo saat membuka Rapat Kerja Nasional Kependudukan dan Catatan Sipil (Rakernas Dukcapil), di Hotel Harmoni One, Batam, Kamis (8/2-2018).

"Blangko tercukupi. Kalau daerah habis, tinggal minta lagi saja," kata Tjahjo.

Kemudian dilanjutkan, Zudan Arif Fakrulloh, perekaman data KTP-elektronik sudah mencapai 97,4 persen di seluruh Indonesia. Artinya, terang Zudan, masih ada pekerjaa  rumah bagi pemerintah sebanyak 2,6 persen.

"Masalah masih ada untuk menuntaskan capaian," ujarnya Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Dikatakanya, KTP-elektronik ini penting untuk melengkapi data kependudukan yang dibutuhkan berbagai pihak. Saat ini Kemendagri sudah menjalin kerjasama dengan 885 lembaga terkait data KTP-elektronik tersebut.

Contohnya, pemberian akses kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Data Nomor Induk Kependudukan di KTP-elektronik ini dapat dimanfaatkan untuk proses pembuatan paspor.

Kemudian juga digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk kepentingan persiapan pemilu. Data ini sudah diberikan ke KPU di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

"DPPP (daftar penduduk pemilih potensial) lebih sinkron, harmonis. Sehingga tidak ada lagi yang tidak dapat mempergunakan hak pilihnya," kata dia.


BCM
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.