Breaking News

Wartawan Expossidik.com dan Beberapa Media Online Melakukan Pelatihan Jurnalis

Fhoto Bersama Wartawan yang Mengikuti Pelatihan Jurnalis
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Puluhan wartawan mengikuti pelatihan jurnalis di kantor media online Expossidik.com, di Perum Cendana, Batam Center, Jumat (8/12-2019). Workshop tersebut di ikuti kru wartawan Expossidik.com dari berbagai perwakilan Daerah, yaitu, Ka. Perwakilan Daerah Jambi, Karimun, Natuna, Tanjungpinang, Lingga. Serta di ikuti dari berbagai media Kepriaktual.com, Kwarta5.com, Berliannews.com, Isubatam.com dan Dinamikakepri.com.

Pelatihan jurnalis di pimpin langsung oleh Pimpinan Redaksi Expossidik.com,  Albert Ginting dan Rumbadi Dalle, SH., MH sebagai pemberi materi pelatihan. 

Pimred Expossidik.com, Albert Ginting mengatakan, pelatihan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam jurnalistik. "Kegiatan workshop yang digelar selama tiga hari ini, awalnya dilakukan secara internal. Namun, ujarnya, karena adanya keinginan rekan-rekan pengelola media online lain di Batam ingin mengikuti pelatihan ini. Mereka (Pemilik Media Online) mengirimkan wartawannya," kata Albert Ginting usai pelatihan selesai.

"Kita wellcome saja terhadap rekan-rekan yang mau mengikuti pelatihan," ujarnya kembali. 

Pelatihan jurnalis ini, lanjut Albert, akan berlangsung selama tiga hari kedepan. Intinya pelatihan ini bertujuan agar wartawan dalam pemberitaannya tidak beropini, tetapi memberitakan berdasarkan fakta serta data. Dan kedepanya akan diwacanakan lintas media yang ada di
Batam.

"Ada 6 media online yang mengikuti pelatihan ini, yaitu Expossidik.com, Kepriaktual.com, Kwarta5.com, Berliannews.com, Isubatam.com dan Dinamikakepri.com," katanya. 

Sementara itu, Rumbadi Dalle, SH., MH., selaku pemberi materi mengatakan, pendidikan bagi jurnalis sangat penting, agar tidak beropini dalam membuat berita, harus berdasarkan fakta. "Pelatihan jurnalis, bila perlu dapat dilaksanakan terus dan berkesinambungan. Sehingga wartawan dapat terhindar dari jeratan hukum dalam penulisan berita," ujar Wakil Dekan Fakultas Hukum Unrika ini. 

Kemudian, lanjut Rumbadi, wartawan dilapangan dalam mencari berita,  haruslah dibekali ilmu dalam mencari data dilapangan, serta menjalin komunikasi yang baik dengan narasumber, sehingga tidak terjadi benturan. ”Narasumber akan merasa nyaman jika wartawan telah dibekali ilmu jurnalis, baik itu dalam mencari data maupun etikanya,” ujarnya kepada wartawan yang mengikuti pelatihan. 

"Wartawan merupakan pekerjaan yang mulia, sehingga diperlukan keahlian khusus dalam pengumpulan data untuk dijadikan berita fakta, sehingga tidak dapat disebut Hoax,” tambahnya kembali. 

Adapun Materi Pelatihan yang diberikan dalam pelatihan ini diantaranya writer’s block, teknik menulis berita dan press release, teknik menulis feature dan laporan, cara membedakan menulis berita dengan menulis feature, bagaimana cara mendapatkan sumber bahan penulisan feature, cara melakukan liputan dan wawancara, cara menuangkannya menjadi sebuah naskah feature yang enak dibaca dan cara teknik menyunting dan meramu naskah.

Selesai pelatihan, wartawan yang mengikuti pelatihan melakukan fhoto bersama. 


(Red) 
Bagikan:
Baca juga