KPLHI: Limbah SBE Harus Dikelolah, Bukan Dibuang ke TPA

RDP di Komisi III DPRD Batam
BATAM KEPRIAKTUAL.Com: Komisi III DPRD Kota Batam dengan Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) menggelar Rapat dengar pendapat di ruang komisi III terkait pembuangan Limbah di TPA, Punggur, Kec. Nongsa, Rabu (19/07-17).

Ketua KPLHI Evi Yuliana Abdul Muti, SE menyampaikan dalam hering terkait dengan limbah Spent Bleaching Earth (SBE) yang dibuang di Tempat pembuangan Akhir (TPA) adalah benar-benar limbah B3 golongan 2. "Limbah SBE harus dikelola oleh pemerintah dan tidak boleh dibuang di TPA,"ujarnya. 

Limbah SBE, lanjutnya, termasuk Limbah B3 yang harus dikelola sesuai PP 101 tahun 2014 tentang pengelolaan limbah berbahaya, golongan dua. Sementara itu, terangnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, pernah menyampaikan, bahwa SBE bukan termasuk limbah B3. 

"Kami berharap pemerintah kota batam dinas lingkungan hidup lebih tegas kepada perusahaan industri yang menghasilkan limbah agar tidak membuang sembarangan," ungkapnya.

Dari hasil Rapat dengar pendapat, pimpinan rapat Bustami, SE menyampaikan bahwa selama ini belum ada surat yang masuk soal SBE ke komisi III, limbah wajib dikelola sesuai peraturan yang ada. "Peran pemerintah Kota Batam, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), melakukan pengawasan. Limbah B3 di TPA itu tidak diperkenankan,"jelasnya

H.M. Jeffry Simanjuntak, SE, MM anggota DPRD komisi III menambahkan, Lembaga KPLHI buatlah surat resmi soal pembuangan limbah dari PT mana? limbahnya dibuang dimana?. Nanti kita langsung sidak kelapangan jangan sampai begitu kita kelapangan hasilnya tidak sesuai dengan laporan yang ada. 

Kita akan mengadakan Rapat lagi di bulan depan untuk membahas mengenai Limbah B3 dan mengundang Dinas lingkungan hidup, perusahan industri serta pihak-pihak terkait, "Warisan untuk anak cucu kita nanti adalah Lingkungan hidup yang sehat dan bersih," jelas Jefri.


(Liza) 
Tags ,


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.