Polres Natuna Menjadi Salah Satu Penilaian ITK Dari 70 Polres Se-Indonesia

Kapolres Natuna Sampaikan Pengarahan
NATUNA KEPRIAKTUAL.Com; Kombes Pol Dr. Nurhadi Yuwono, Msi, selaku Ketua Tim Indeks Tata Kelola (ITK) Kepolisian Mabes Polri menuturkan, penentuan kriteria penilaian ITK ini berdasarkan tiga kriteria diantaranya Polres Perairan, Polres Perbatasan, Polres Wilayah Rawan Konflik.

Dikatakan Kombes Nurhadi, Polres Natuna terpilih berdasarkan rentan wilayah lebih luas lautan dibandingkan daratannya. Dengan wilayah Natuna yang luasnya 264.198,37m2 dengan rincian luas daratan 2.001,30m2, dan luas laut 262.197,07km2, menjadi salah satu faktor dalam penilaian termasuk dalam kategori polres Perairan.

"Natuna layak diukur untuk melihat indeks kinerja yang sudah dijalankan selama ini. Apakah ada peningkatan atau tetap sama dari tahun ke tahun,"kata Kombes Pol Dr. Nurhadi Yuwono saat memberikan sambutannya di Mapolres Natuna, Selasa (16/05/2017).

Dari 70 Polres Se-Indonesia Polres Natuna terlihat cukup unik dari Polres yang ada dibawah Polda Kepri. Pengukuran kinerja dan pelayanan publik dengan ITK ini untuk  mengukur tingkat polres. Selain itu ITK ini juga merupakan instrumen kerja polri untuk menuju pemerintahan yang bersih (clean goverment) sebagai landasan pengambilan landasan tolak ukur yang akurat.

"Dari tiga polres di bawah Polda Kepri diantaranya Polres Karimun, Polres Bintan, dan Polres Natuna lah yang cukup unik, dengan pelayanan yang cukup bagus untuk pelayanan masyarakat,"ungkapnya.

Sementara Kapolres Natuna AKBP Charles Panuju Sinaga menyampaikan, Polres Natuna telah membuat trobosan-trobosan seperti Panic Button, serta Polisi Gi Kampung yang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu, yang secara rutin menampung keluhan dan saran dari seluruh lapisan masyarakat.

"Trobosan yang sudah kita lakukan untuk masyarakat diantaranya seperti Panic Button yang aplikasinya langsung terkoneksi kepada para petugas babinkantibmas yang berada disetiap kecamatan, serta dalam menyaring aspirasi masyarakat terkait keluhan, saran dan pendapat masyarakat kita juga meluncurkan kegiatan seperti Polisi Gi Kampung dengan cara dari pintu ke pintu (door to door),"paparnya.

Selain itu pihaknya juga telah membenahi sarana pelayanan sesuai standart minimal seperti pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan kepengurusan SKCK bagi masyarakat.

"Langkah yang disampaikan diatas, salah satu perubahan yang telah dilakukan polres Natuna dalam peningkatan Revolusi Mental khususnya di Polres Natuna,"tutupnya.

Acara pelaksanaan pengukuran kinerja dan Pelayanan Publik dengan ITK Polri di Polres Natuna ini, dihadiri oleh seluruh unsur diantaranya Anggota DPRD Natuna, Pemerintah Kabupaten Natuna, Pengadilan Negeri, Tokoh Masyarakat, dan Media.

(Don/Kepriaktual.com)
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.