Operasi Jaring Sriwijaya 2017 Siap Gagalkan Penyeludup

Fhoto Bersama Salam Komando
BATAM KEPRIAKTUAK.Com; Direktorat Jendral Bea dan Cukai Type B Khusus Batam menggelar upacara operasi Patroli Laut Jaring Sriwijaya 2017 bersama Kastam Diraja Malaysia ( Patkor Kastima) serta Patkor Optima, di Dermaga Batu Ampar Jodoh Batam, Kamis (4/5-2017). 

Dalam upacara tersebut, turut dihadiri Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Kapolresta Barelang AKBP Hengky, Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Fachry, Dandim 0316 Letkol Inf TNI Dwi Sasongko dan Danlanal Batam Kolonel Ivong Wibowo.

Operasi dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah perairan Indonesia untuk menanggulangi penyelundupan dan tindak pidana lainnya yang diamanahkan kepada Direktorat Jendral Bea dan Cukai sesuai dengan undang undang dan peraturan yang berlaku.

Pada tahun 2017, DJBC menyelenggarakan kegiatan patroli laut dengan berbagai macam skema yaitu di wilayah barat Indonesia dengan sandi operasi Patroli Laut Jaring Sriwijaya dan diwilayah Timur Indonesia dengan sandi Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea.

Direktur Penindakan dan Penyedikan DJBC Hari Mulya mengatakan, dalam penyelenggaraan operasi laut dalam konteks kerja sama bilateral ( joint patrol) dengan Kastam Diraja Malaysia ( Patkor Kastima) serta Patkor Optima.

”Saat ini DJBC baru saja membuka operasi wilayah barat Indonesia dengan sandi operasi Jaring Sriwijaya 2017 dimana operasi ini dilalakukan secara berkesinambungan dimulai pada hari kamis tanggal 4 mei 2017 dan rencananya akan dilaksanakan dalam 3 tahap sampai akhir tahun 2017, ” jelas Hari.

Kata Dia, Patkor Operasi Patroli Laut Bea Cukai Jaring Sriwijaya 2017 ini mengikutsertakan unsur kapal patroli berupa Fast Patrol Boat (FPB) ukuran 60, 38 dan 28 meter, VSV, speed boat yang berjumlah 17 kapal patroli. Dan melibatkan 250 personil dalam setiap operasinya. Dimana kapal kapal tersebut akan beroperasi di lima ( 5) sektor yaitu, mulai dari perairan Aceh Belawan, Tanjung Balai Asahan Tanjung Sinaboy, Tanjung Parit Batam, Tanjung Pinang Perairan Sumatra Bagian Selatan dan Sektor laut Natuna hingga wilayah Perairan Kalimantan Bagian Barat.

“Sedangkan untuk operasi jaring Wallacea 2017 akan digelar mulai tanggal 10 mei 2017 mendatang,” pungkasnya.

(Red/Kepriaktual.com/Rasio.co)
Tags ,
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.