Natuna Tawarkan Konsep Wisata MEA ke Negara Uni Eropa


Fhoto Bersama Bupati Natuna Hamid Rizal Dengan Utusan Negara Uni Eropa


NATUNA KEPRIAKTUAL.Com; Menindak lanjuti kunjungan kerja perwakilan negara Uni Eropa untuk Indonesia dan Berunai Darussalam ke Natuna, Rabu (18/01/2017) dikantor Bupati Natuna Bukit Arai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Erson mengatakan pihaknya menawarkan konsep pariwisata Marine Eco dan Arkeologi (MEA) kepada utusan negara Uni Eropa, Kepala Politik, Pers, dan Bagian Informasi Mr Rafael De Bustamante Tello.

Konsep wisata ini, Menurut Erson merupakan konsep unggulan yang ada di Natuna. Sekarang ini potensi wisata yang besar di Natuna adalah arkeologi bawah laut. Kalau wisata marine semua daerah rata-rata punya. Wisata marine itu, contohnya untuk diving, snorkling dan sejenisnya. Wisata tersebut sudah banyak dikembangkan didaerah lain.

"Natuna hari ini dengan kekayaan arkeologi bawah lautnya, berupa hasil Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) yang sudah berumur ratusan tahun, sangat menarik minat wisatawan dari berbagai negara untuk mempelajari sejarah arkeologi" ujarnya.

Untuk mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada, Erson menerangkan mulai tahun 2017 ini pihaknya akan melakukan kajian dengan pihak -pihak terkait, guna menentukan titik-titik atau spot wisata yang akan dikembangkan.

"Tahun ini, kita mulai melakukan kajian dan pendataan spot yang akan dikembangkan, baik untuk wisata favorit termasuk titik-titik penyelaman untuk wisata bawah laut", terangnya.

Setelah dikaji dan didata, titik- titik tersebut akan dijadikan destinasi wisata unggulan untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas. "ini rencana brand wisata yang akan diangkat sebagai nilai jual potensi wisata Natuna kedepan",ungkapnya.

Sambung Erson, dalam pengembangan sektor pariwisata kedepan, pihaknya ingin menawarkan sesuatu yang beda dari daerah lain. Sebab Natuna sangat kaya dengan potensi wisata arkeologinya. Hal tersebut merupakan suatu keistimewaan bagi Natuna sebab tidak semua daerah punya potensi wisata arkeologi.

"Kita ingin menanamkan nilai-nilai edukasi kepada wisatawan terhadap barang-barang arkeologi melalui wisata alam bawah laut yang sangat digemari oleh para pelancong dari berbagai Negara,”ujarnya

Dalam pertemuan bersama perwakilan negara Uni Eropa ini, hal tersebut sudah kita sampaikan kepada mereka. Respon mereka sangat bagus, mereka sangat tertarik untuk mengambil bagian dalam pengembangan wisata bawah laut bernilai sejarah tinggi ini.

"Tadi kita sampaikan, dalam pertemuan bahwan Natuna sangat kaya dengan barang-barang akeolagi bawah laut peninggalan dinasti ming yang sudah berumur ratusan tahun, dengan potensi yang ada ini, mudah-mudahan negara-negara yang tergabung dalam uni eropa tertarik mengambil bagian dalam berinvestasi pengembangan sektor pariwusata kedepan,” harap Erson.

Sementara itu, utusan negara Uni Eropa Kepala Politik, Pers, dan Bagian Informasi Mr Rafael De Bustamante Tello, kepada sejumlah wartawan mengatakan, kehadiranya di Natuna ingin melihat secara langsung potensi dan keindahan alam Natuna. Sebab saat ini Natuna menjadi sorotan dunia dengan berbagai potensi sumber daya alam yang ada baik itu sektor migas, pariwisata dan juga sektor perikanan.

"Hasil pertemuan singkat bersama bupati dan SKPD akan disampaikan kepada pimpinan negera uni eropa , mudahan-mudahan negara yang tegabung dalam uni eropa bisa mengambil bagian dalam berinvestasi terhadap pengembangan sektor-sektor yang ada di Natuna,” ujarnya.

Rafael De Bustamante Tello juga berharap negara Uni Eropa dapat meningkatkan hubungan yang telah terjalin dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna mulai saat ini.

Ia mengaku tidak hanya sekedar mengucap janji manis atau angin segar saja dalam kunjungan itu, tetapi potensi-potensi Natuna akan dibicarakan dengan pimpinan negara Uni Eropa untuk dikembangkan dalam bentuk kerjasama inveatasi.



(Doni/Kepriaktual.com)






Tags ,


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.