Mahasiswa KKNT-74 USU Tebing Tinggi Gelar Sosialisasi Pembuatan Bantet dan Prangi dari Hasil Panen Lokal

Mahasiswa KKNT-74 USU Kelurahan Teluk Karang Tebing Tinggi.

MEDAN|KEPRIAKTUAL.COM: Dalam rangka pemanfaatan hasil panen lokal di Kelurahan Teluk Karang, Mahasiswa KKNT-74 USU Kelurahan Teluk Karang Tebing Tinggi menggelar sosialisasi pembuatan BANTET (Banana nugget) dan PRANGI (Spray serai wangi).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum'at (9/12/2022) sekira pukul 10.00 Wib bertempat di Aula Kantor Kelurahan Teluk Karang dengan sasaran ibu PKK Kelurahan Teluk Karang.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan mendemonstrasikan cara pembuatan BANTET dan PRANGI secara langsung di aula serta pembagian brosur cara pembuatan BANTET dan PRANGI.

Mahasiswa KKN melihat cemilan olahan pisang di Tebing Tinggi masih sangat sederhana. Pisang kebanyakan hanya diolah menjadi pisang goreng atau godog-godog saja, sehingga muncul ide membuat BANTET. 

Pisang kepok yang mudah didapat bisa dijadikan olahan makanan nugget dengan bentuk yang menarik dan ditambah berbagai macam topping yang akan menambah nilai jual. 

Tujuan sosialisasi ini yakni memberikan masyarakat ide baru dalam pemanfaatan hasil panen lokal yang mudah didapat seperti pisang kepok keling (varietas asli tebing) dan serai wangi. 

Selain itu, munculnya kasus DBD dan banyaknya penemuan jentik nyamuk Aedes yang berkemungkinan menyebarkan virus DBD di Tebing Tinggi juga menjadi latar belakang mahasiswa KKN memberikan sosialisasi pembuatan PRANGI. 

Serai wangi banyak dijumpai di pekarangan rumah warga dan pengolahannya menjadi spray anti nyamuk sangatlah mudah. 

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat jadi lebih kreatif dalam memanfaatkan hasil panen lokal. (Isp)

Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.