Lakukan Upaya Preventive Pengelolaan Keuangan Desa, Kades Gemuruh Gandeng BPKP Perwakilan Kepri

Rapat Kordinasi Pengelolaan Keuangan Desa Gemuruh ke BPKP Kepri di Batam. 

KUNDUR|KEPRIAKTUAL.COM: Sebagai langkah preventive terhadap potensi kesalahan terhadap pengelolaan keuangan Desa, Kades Gemuruh beserta pimpinan BPD Desa Gemuruh melakukan koordinasi dan konsultasi ke kantor BPKP Perwakilan Kepri di Batam. 

Adapun Rombongan Kades diterima langsung oleh, Adit dan Tety perwakilan dari BPKP Kepri di Batam. Koordinasi dan konsultasi berlangsung selama 2 jam, membahas review RABPDES Desa Gemuruh menjadi APBDES, dan juga    terkait keuangan pengadaan barang dan jasa.

"Setelah melakukan diskusi panjang banyak pelajaran yang dapat kami ambil, terkait bagaimana APBDES dapat ditetapkan dengan mengacu Permendes No 8 tahun 2022 tentang Prioritas penggunaan dana desa 2023, dan PMK 201 Tahun 2022 tentang pengelolaan dana desa tahun 2023. Dan hal-hal lain yang sangat membantu dalam pelaksanaan APBDES tersebut," ujar Ari.

Ini, kata dia, merupakan upaya preventive dan tertib administrasi terhadap pengelolaan keuangan Desa, 
Kita antisipasi potensi-potensi kesalahan di dalam perencanaan maupun pelaksanaan nya nanti. 

"Ini merupakan konsultasi yang kedua kalinya di tahun 2022, yang sebelumnya kita laksanakan pada bulan Nopember 2022 terkait RKPDES Tahun 2023," kata Ari 

Dikatakan dia, banyak pelajaran yang dapat ia ambil terkait bagaimana antisipasi terhadap potensi kesalahan dalam rencana maupun pelaksanaan APBDes. 

"Sehingga kedepan kita harapkan Desa Gemuruh dapat menjadi Pilot Project Pengelolaan Keuangan Desa yang efisien, efektif, dan juga transparan. Potensi kesalahan maupun penyalahgunaan anggaran dapat kita antisipasi dari awal, karena ini merupakan awal pemerintahan saya," ungkapnya. 

"Semoga kedepan tidak ada masalah dalam perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, maupun  penatausahaan terhadap keuangan Desa," ucapnya kembali. 

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada perwakilan BPKP kepri di Batam yang telah menerimanya dengan sangat baik, dan terima kasih juga ia ucapkan kepada Bapak Camat Kundur Barat, yang telah mendukung langkah yang ia laksanakan.

Ahmad yahya
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.