Kasatkorwil Banser Nuryanto Buka Diklatsar Banser III dan PKD di Kabupaten Karimun

Kasatkorwil Banser Provinsi Kepri Nuryanto melakukan seremoni pembukaan Diklat Banser di Karimun.

KARIMUN|KEPRIAKTUAL.COM: Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Karimun menggelar pendidikan latihan dasar (Diklatsar) Banser III serta Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ansor di Masjid Agung Karimun, Jumat (9/12/2022) sore. 

Kegiatan yang digelar selama tiga hari terhitung sejak 9 - 11 Desember 2022 ini, diikuti oleh ratusan peserta. 

Kasatkorwil Banser Provinsi Kepri Nuryanto, membuka secara resmi Diklatsar Banser III dan PKD Ansor. Kegiatan ini terbilang disengaja guna menciptakan kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang unggul dan berkualitas. Serta mampu mengembang tugas mulia untuk selalu menegakkan Islam Ahlussunah Waljama’ah. 

“Diklatsar Banser ini sangat penting dan harus dilakukan sebagai bentuk penguatan dakwah Nahdlatul Ulama di Provinsi Kepri. Mengingat, di tengah heterogenitas masyarakat ketentraman dan stabilitas bermasyarakat akan terus terjaga jika nilai-nilai menghormati satu sama lain terus terawat. Ansor dalam gerakan dakwahnya akan terus mengawal hal tersebut" tegasnya.

Pria yang tercatat sebagai Ketua DPRD Kota Batam ini juga menegaskan bahwa semangat toleransi dan saling menjaga satu sama lain ini lah sebuah teladan yang harus di lakukan sebagaiamana ajaran nabi Muhammad sebagaimana yang Rasulullah lakukan di Madinah melalui piagam madinah.

"Hidup berdampingan meskipun memiliki keyakinan, ras dan budaya yang berbeda merupakan semangat yang telah dicontohkan baginda Rasulullah SAW sebagaimana tertuang dalam piagam Madinah,” pungkas tegasnya. 

Sementara itu, tambahnya, kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ansormenjadi sebuah keharusan bagi siapa saja yang ingin bergabung. Sehingga nantinya para kader Banser memiliki bekal dan pengetahuan akan sesuatu. Dan diharapkan bisa menjadi pemimpin di masa depan nantinya. Untuk itu, mental dan akhlak pemimpin harus selalu ditempa.

“Melalui PKD ini juga, Ansor ingin menempa kader-kader Ansor menjadi pemimpin masa depan yang bermental pemimpin dan berakhlak baik,” tegasnya. 

Untuk itu melalui Diklatsar Banser III dan PKD Ansor ini, pihaknya berharap kader Ansor harus terus mengawal amanat para kyai menjaga kepentingan, kebaikan dan kemajuan umat, bangsa, dan negara.

“Kegiatan ini (PKD) juga untuk menciptakan kader yang siap menghalau paham yang berusaha memecah-belah bangsa Indonesia. Jadi sangat penting," tambahnya.

Materi yang akan di sampaikan dalam kegiatan diklatsar banser serta PKD ansor antara lain pemahaman tentang ahli sunnah waljamaah, nahdlatul ulama (NU), kebanseran/ansor, penanggulangan bencana, teknik pengamanan, kepemimpinan, keorganisasian, wawasan kebangsaan dan bela negara, serta banyak lagi yang lainnya.

Fay/Redaksi
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.