Bupati Karimun Buka Diklat Pemberdayaan Masyarakat BAT-KLM

Bupati Karimun Menyerahkan Cendramata saat Membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat BAT-KLM.

KARIMUN|KEPRIAKTUAL.COM: Bupati karimun Dr. H. Aunur Rafiq S. Sos M.Si  membuka acara Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training-Kapal Layar Motor (BAT-KLM) bagi operator kapal tradisional dan nelayan di wilayah Kabupaten Karimun di Gedung Nasional, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan ini kerjasama Politeknik Pelayaran Banten dengan KSOP Kelas I Kabupaten Karimun dan Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, yang diikuti oleh 144 peserta, serta dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 22 sampai dengan tanggal 24 Juni 2022. 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan bagi para peserta dalam mengantisipasi akan adanya bahaya diatas kapal. Untuk jangka panjang, hal ini berguna dalam upaya mewujudkan tersedianya Sumber Daya Manusia yang profesional dibidang Pelayaran. 

Sebagaimana dimaklumi berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 20 Tahun 2015, tentang Standar Keselamatan Pelayaran, bahwa keselamatan pelayaran adalah suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan, dan lingkungan maritim.

Selanjutnya standar keselamatan pelayaran sebagaimana dimaksud meliputi Sumber Daya Manusia, Sarana dan/atau prasarana, Standar operasional prosedur, Lingkungan dan sanksi.

Bupati Karimun mengatakan, pelatihan Basic Safety Training-Kapal Layar Motor (BAT-KLM) selama 3 hari ini manfaatnya sangat besar. Dimana karimun terdiri dari 259 pulau yang mana transportasi terbesarnya adalah transportasi laut.

"Mudah-mudahan ditahun depan dapat dilaksanakan lagi dan tentunya dengan yang lebih besar lagi," tuturnya.

Yahya
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.