Peringati World Cleanup Day 2022, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Asahan Gelar Gotong Royong

Peringati World Cleanup Day 2022.

ASAHAN|KEPRIAKTUAL.COM: Untuk memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day) 2022, Bupati Asahan bersama dengan Forkopimda Kabupaten Asahan melakukan Gotong Royong membersihkan sampah disepanjang Jalan Sutan Syarir yang dimulai dari Simpang Empat Stadion Mutiara Kisaran menuju Simpang Empat Gambir Baru Kisaran, Sabtu (17/09/2022).

Sebelum melaksanakan kegiatan gotong royong tersebut, Bupati Asahan H. Surya, BSc membuka terlebih dahulu kegiatan World Cleanup Day Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 yang digelar di Halaman Kantor Disporapar Kabupaten Asahan.

Pada pembukaan kegiatan tersebut Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dari limbah yang tidak dikelola dengan baik. Selain itu, mengajak dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Kota Kisaran dan Pemerintah, Organisasi, hingga individu, untuk turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah.

Selanjutnya bertujuan untuk memimpin aksi gotong royong pungut sampah terbesar di Kabupaten Asahan dengan harapan menumbuhkan rasa bahwa sampah adalah tanggungjawab bersama serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut turut serta dan berpartisipasi dalam pengelolaan sampah untuk menuju perubahan Asahan bebas sampah 2025.

Menutup laporannya Dayat mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup setiap harinya mengangkut sampah lebih kurang 76 Ton yang ada di 9 Kecamatan di Kabupaten Asahan yakni Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kota Kisaran Timur, Air Joman, Tanjung Balai, Simpang Empat, Air Batu, Pulau Rakyat, Aek Kuasan dan Meranti. Dan untuk di Jalan Sutan Syarir sendiri yang dijadikan pusat gotong royong, Dinas Lingkungan Hidup setiap harinya mengangkut lebih kurang 13 Ton yang berasal dari masyarakat sekitar jalan tersebut.

Dikesempatan ini juga Wakapolres Asahan Kompol Sri Juliani Siregar, SH mewakili Kapolres Asahan mengatakan Kabupaten Asahan menargetkan 500 relawan yang turut serta dalam kegiatan Hari Bersih Sampah Dunia ini, dan memungut sampah sekitar 13 ton sampah yang dapat kita kumpulkan dan kita buang ke Tempat Pembuangan Akhir.

“Dengan kepedulian yang didasari semangat kebersamaan dan persatuan Insyaallah target yang saya sebutkan diatas akan kita capai. Kami berharap bersih-bersih sampah yang ada dilingkungan kita tidak hanya karna adanya momen Hari Sampah Sedunia (World Cleanup Day) ini saja, tapi kita lakukan setiap saat sehingga lingkungan Kabupaten Asahan bebas dari sampah.

Mengakhiri pidatonya Wakapolres Asahan mengajak untuk berkomitmen serta membudayakan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan juga tidak membakar sampah sembarangan, sehingga sampah tidak menjadi tempat berkembangbiaknya bibit penyakit dan sumber polusi, justru sampah akan menjadi mata pencaharian baru yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta tenaga kerja yang banyak.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Bupati Asahan bersama dengan Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Kapolres Asahan, Mewakili Danlanal TBA dan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan menyerahkan secara simbolis alat-alat kebersihan kepada TNI-Polri, Lurah, Bhayangkari Polres Asahan, Mahasiswa serta pelajar disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, OPD, Camat Kota Kisaran Timur, Camat Kota Kisaran Barat, Forkopimcam Kisaran Kota dan Penggiat Kebersihan Sumatera Utara,

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan, Acara World Cleanup Day yang kita laksanakan pada hari ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Asahan dan Sumatera Utara dengan tujuan memimpin aksi gotong royong pungut sampah dan peduli lingkungan.

Bupati juga mengatakan peringatan Word Cleanup Day Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 merupakan momen penting untuk mendukung visi Kabupaten Asahan yaitu Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter. Oleh karena itu, pada kesempatan hari ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat Asahan mari kita kelola sampah dengan baik karena sampah bukan hanya tanggungjawab Pemerintah tetapi sampah adalah tanggungjawab kita bersama dan khususnya kepada Perangkat Daerah dan seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, agar dapat memperhatikan hal sebagai berikut :

Dukung pelaksanaan dan sosialisasikan secara masif Peraturan Daerah Kabupaten Asahan Nomor 6 Tahun 2020 tentang pengelolaan sampah.
 
Beri contoh kepada masyarakat dalam mengelola sampah dari sumbernya yaitu dari rumah dan laksanakan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle)/mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang.
 
Tanamkan dan sosialisasikan moto “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita” agar selalu diingat di masyarakat dan Mari bersama kita perangi sampah karena sampah bukan warisan anak cucu kita.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya Bupati mengatakan semoga momentum peringatan World Cleanup Day 2022 ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita semua terhadap pengelolaan sampah, sehingga dapat menjadi nilai tambah dalam berkontribusi pada terwujudnya visi “Kabupaten Asahan”. (SN)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.