Penemuan Dunia Lain Tersembunyi di Bawah Antartika

Foto: Benua Antartika (AP/Robert Taylor)

KEPRIAKTUAL.COM: Antartika sering dianggap sebagai tempat terdingin, terkering, dan termpat yang diselimuti es sepanjang tahun di Bumi. Namun baru-baru ini para ilmuwan menemukan dunia tersembunyi di bawah Antartika. Dunia yang penuh dengan kehidupan.

Dunia tersembunyi ditemukan lebih dari 1.640 kaki (500 meter) di bawah permukaan es di Antartika. Setelah mengebor permukaan es, para ilmuwan menjatuhkan kamera ke dalam lubang. Di bagian bawah, mereka melihat beberapa bintik buram dan kecil berkedip di depan kamera itu.

Tapi bintik-bintik itu bukan karena peralatan yang rusak. Sebaliknya, mereka menemukan bahwa kawanan amphipoda kecil (krustasea malacostracan tanpa karapas dengan badan lateral terkompresi yang biasa memakan bangkai hewan laut) bergerak di depan lensa. Para ilmuwan mengatakan ini membuat mereka lengah, karena mereka tidak mengharapkan untuk menemukan jenis kehidupan apa pun yang jauh di bawah permukaan.

Para peneliti mengatakan bahwa memiliki dunia tersembunyi di bawah es Arktik adalah bukti nyata dari ekosistem yang berperan. Secara keseluruhan, mereka mengatakan penemuan dunia tersembunyi di bawah es Antartika membuat mereka "melompat-lompat kegirangan," seperti dikutip dari BGR, Jumat (17/6/2022).

Penemuan ini memberikan bukti akan adanya ekosistem yang luas di bawah es, meski tidak ada yang berharap menemukan kehidupan apa pun di sana, apalagi dunia tersembunyi di bawah Antartika. Karena itu, masuk akal bahwa penemuan itu sangat mengejutkan.

Penemuan dunia tersembunyi di bawah Antartika terdapat pada The Ross Ice Shelf. Ini adalah lapisan es terbesar di dunia dan telah menjadi fokus dari beberapa proyek penelitian selama bertahun-tahun. Para ilmuwan mengatakan mereka kebetulan menemukan struktur yang menampung seluruh ekosistem amphipoda.

Para ilmuwan berharap untuk lebih memahami skenario iklim berbeda yang dapat mengubah Laut Ross. Ini adalah pencapaian luar biasa dan semoga akan terus menjelaskan bagian dunia yang dingin dan misterius ini.

Sumber: CNBC Indonesia


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.