Arus Mudik dan Keberangkatan di Pelabuhan Domestik Tanjungbatu Capai 30 Ribu Orang

Arus Mudik dan Lebaran di Pelabuhan Domestik Tanjung Batu. 

KUNDUR|KEPRIAKTUAL.COM: Pasca hari lebaran Idulfitri 1443 H tahun 2022, arus mudik dan keberangkatan di pelabuhan domestik Tanjungbatu Kundur maengalami lonjakan yang cukup seknifikan, Selasa (10/5/2022).

Kepala KSOP Welker Tanjung Batu, Tarigan O.K, S.IP mengatakan, pada masa Posko Angkutan Lebaran 2022 dari hari ketujuh sampai dengan hari ini, yang datang ke Tanjung Batu sebanyak 16.802  orang dan dari hari ke tujuh, sampai hari tadi yang berangkat dari Tanjung Batu sebanyak 13.331 orang.

"Puncak arus balik terjadi dari hari kedua sejak tanggal (5/5/2022), sebanyak 1.902 orang," ujar Tarigan dikantornya. 

Dalam hal itu juga, Tarigan menghimbau kepada seluruh agen, agar agen pelayaran tidak menjual tiket melebihi kapasitas kapal. Dan apabila terjadi lonjakan penumpang agar agen pelayaran menambah trip keberangkatan atau mengganti kapal yang kapasitas angkutan nya lebih besar.

"Apabila ditemukan kelebihan kapasitas maka kami akan menurunkan penumpang tersebut dan mengalihkan keberangkatan penumpang pada jam berikutnya. Supaya penumpang bisa aman nyaman tertib lancar sehat selamat sampai ketempat tujuan," tutur Tarigan.

Selama posko angkutan lebaran 2022 di pelabuhan Tanjung Batu, pihaknya tetap berkoordinasi dengan TNI/POLRI, KKP, Dishub, Pol PP, Tim Medis dari Puskesmas Tanjung Batu Kundur.

Didominasi penunpang tujuan batam lalu Tanjung Pinang, Tanjung Buton, Sungai Guntung, penyalai, Tanjung Balai sampai dengan hari Senin (9/5-2022). 

"Yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Batu sejumlah 14.337 orang. Siang hari nya sudah terlihat langgeng ataupun aktivitas sudah berjalan normal seperti hari biasanya," pungkas Tarigan.

Kemudian, lanjutnya, dari pihak KSOP Wilker Tanjung Batu, untuk mengantisipasi adanya peningkatan penumpang yang berangkat, menyediakan ruang tunggu tambahan di areal loket.

Di tempat yang sama, AU/Moipeng salah satu agen kapal Marina Batam mengungkapkan, Tahun ini penumpang yang Mudik dan berangkat mengalami peningkatan hampir mencapai 50% dari tahun-tahun seblum Covid-19.

"Atas himbauan dari KSOP dan kerjasama dari Pihak Polri-TNI, KKP, Dishub, Pol PP dan Medis. Kami dari pihak agen mengucapkan terimakasih. Utamakan Kesehatan dan keselamatan penumpang itu jauh lebih penting," ungkap Moipeng.



Ahmad Yahya

Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.