Pesawat NAM Air Mendadak Terbang Malam, Lanud RSA Siap Dukung Demi Masyarakat Natuna

Nam Air Tujuan Batam Natuna.

NATUNA|KEPRIAKTUAL.COM: Pesawat NAM Air dengan nomor penerbangan IN - 036 tujuan Batam - Natuna mendadak terbang malam diluar jadwal yang sudah direncanakan oleh maskapai tersebut, Sabtu(16/4/2022) malam. Pesawat dengan rute Batam - Natuna itu seharusnya tiba 13.05 WIB menjadi pukul 18.30 WIB tadi malam.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU(Danlanud) Raden Sadjad (RSA) Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., membenarkan bahwa pesawat NAM Air terbang malam ke Natuna dikarenakan ada permasalahan teknis dari pesawat tersebut.

"Sejatinya schedule Nam Air mendarat di Natuna pukul 13.05 WIB, namun karena adanya permasalahan teknis pada pesawat tersebut, sehingga pesawat Nam Air yang membawa penumpang 109 orang sebagian besar adalah warga Natuna yang akan pulang kampung, mengharuskan landing di malam hari. Demi masyarakat Natuna, kami jajaran Lanud RSA beserta segenap petugas Bandara dan Airnav selalu bersinergi dan siap mendukung operasional penerbangan tersebut dengan mengutamakan keselamatan penerbangan. Pesawat pada akhirnya terbang kembali ke Batam pada pukul 18.30 WIB dengan aman dan selamat sampai ke tujuan,"ungkapnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, menurut AIP (Aeronautical Information Publication) Operasional Bandara sipil seharusnya hanya sampai pukul 17.00 WIB, namun dukungan operasi penerbangan kepada NAM Air yang landing di luar jam operasional tersebut, tetap akan kami bantu semaksimal mungkin demi terciptanya keselamatan terbang bagi masyarakat Natuna yang datang maupun pergi melalui Bandara RSA Ranai.

Untuk itu, sinergi dan saling mendukung antara Lanud RSA, Airnav dan Bandara dalam melaksanakan tugas dukungan operasi penerbangan harus tetap terjaga, karena TNI AU dan instansi penerbangan bersama Stakeholder Udara lainnya telah diamanatkan oleh Undang-undang dalam melaksanakan tugasnya masing-masing yang tidak bisa dipisahkan.

"Alhamdulillah penerbangan berjalan dengan aman dan lancar, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan operasional penerbangan tadi malam," tutur Danlanud RSA.

Tepat pada pukul 20.10 WIB laporan dari ATC Lanud RSA, pesawat NAM Air bertolak dari Natuna - Batam mendarat dengan selamat, aman dan terkendali di bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Provinsi Kepri.

(IK)
Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.