Pemerintah Mulai Salurkan BLT Minyak Goreng ke Masyarakat Batam

Karyawan Kantor Pos Cabang Pelita Sedang Melayani Masyarakat Penerima Bantuan Langsung Tunai Minyak Goreng.

BATAM|KEPRIAKTUAL.COM: Pemerintah secara resmi menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di kota Batam mulai hari ini, Kamis (14/4/2022).

Penyaluran Bantuan Sosial (BPS) yang tadinya bernama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan melalui Pos Indonesia dengan nominal Rp 500.000/KPM.

Kepala Kantor Pos Cabang Pelita, Maftukhul Qolbi mengatakan BLT ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan menjaga daya beli masyarakat, khususnya terkait minyak goreng.

"Mulai hari ini kami menyalurkan BLT minyak goreng kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang ada di wilayah Kecamatan Batu Ampar," ujar Qolby disela-sela kegiatan.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi lonjakan penerima bantuan dan mencegah berkumpulnya masyarakat dalam jumpa besar, pihaknya sengaja membatasi penerimanya perkelurahan.

Lanjutnya, pada hari pertama penyaluran, pihaknya menyalurkan sebanyak 679 bantuan yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat dari dua kelurahan di wilayah Batu Ampar, Kita Batam.

"Untuk hari ini jadwal kita dari pukul 08.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib, khusus melayani masyarakat yang ada di Kelurahan Batu Merah. Sedabgkan pada pukul 13.00 Wib hingga nanti selesai kami akan melayani masyarakat yang ada di Kelurahan Sungai Jodoh," jelasnya.

Selanjutnya, untuk hari kedua pelaksanaan penyaluran yang akan dilakukan pada esok hari, pihaknya akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang ada di Kelurahan Tanjung Sengkuang sebanyak 1.159 bantuan.

"Karena besok penerima bantuannya mencapai ribuan orang, kita membatasi hanya melayani satu kelurahan saja," imbuhnya.

Kemudian, untuk hari ketiga penyaluran tepatnya pada hari Sabtu mendatang, pihaknya akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang ada di Kelurahan Kampung Seraya dengan jumlah sebanyak 499 bantuan.

Masih menurut Qolbi, bagi masyarakat yang ingin mengambil bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng ini caranya sangat gampang. Masyarakat yang sudah mendapatkan undangan resmi dari Kantor Pos yang disampaikan melalui RT dan RW setempat, bisa langsung datang ke Kantor Pos yang ada di Kampung Pelita.

"Untuk pengambilan bantuan, yang bersangkutan cukup hanya membawa KTP saja. Atau jika tidak bisa datang, bisa diwakilkan dengan penggantinya namun harus yang terdaftar dalam Kartu Keluarga penerimanya," sebutnya.

Dalam kesempatan itu dia juga menepis isu yang berkembang di masyarakat mengenai diwajibkan membeli bahan-bahan pokok dan makanan dari pihak ketiga yang ditunjuk oleh Kantor Pos.

"Sesuai anjuran pemerintah, kami memberikan bantuannya secara tunai. Isu yang berkembang diluaran mengenai harus membeli sembako dari pihak yang kami tunjuk, itu tidaklah benar," pungkasnya.

Fay/Redaksi
Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.