Tingkatkan Kesadaran Hukum, Lanal Ranai Terima Safari Hukum dari Diskum TNI AL

TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai, PNS dan Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I Mengikuti Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Hukum.

NATUNA|KEPRIAKTUAL.COM: Guna meningkatkan kesadaran hukum, Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai, PNS dan Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I mengikuti sosialisasi peningkatan kesadaran hukum dari Dinas Hukum Angkatan Laut (Diskumal) bertempat di Mess Tjiptadi Lanal Ranai, Rabu (23/3/2022).

Kegiatan peningkatan kesadaran hukum tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipannya “Bangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Kegiatan diawali sambutan Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prsetyo Irbiyanto, S.E. yang dibacakan oleh Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut (KH) Denny Everest Haning, S.H. mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Diskumal yang bersedia meluangkan waktunya untuk hadir di Lanal Ranai, dalam rangka memberikan pencerahan hukum kepada seluruh prajurit, PNS serta Jalasenastri Lanal Ranai. 

"Sebagai anggota TNI sudah sewajarnya kita dituntut untuk berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, serta dituntut untuk meningkatkan Profesionalisme sehingga tugas-tugas yang dipercayakan TNI AL dapat terlaksana sebagaimana mestinya," ungkapnya. 

Dalam rangka menekan pelanggaran tersebut adanya upaya tindakan preventif yang terencana, terpadu dan berkelanjutan dilingkungan Lanal Ranai. Dengan adanya Safari Hukum ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran hukum prajurit, PNS dan Jalasenastri Lanal Ranai sehingga dapat mengetahui hak, kewajiban dan wewenang nya didalam hukum.

Sementara itu, Kadiskum Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasi Bankum Diskumal Letkol Laut (KH) Saiful Simanjuntak, S.H., M.H., pada acara sosialisasi peningkatan kesadaran hukum kepada prajurit Lanal Ranai, PNS dan Jalesenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Ranai dan jajaran nya atas penerimaan, penyambutan dan antusiasme dalam mengikuti penyuluhan hukum demi peningkatan kesadaran hukum.

Kesadaran hukum tidak dapat tegak jika para prajurit, PNS dan Jalasenastri nya tidak sadar hukum, dan masih adanya pelanggaran yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

"Dalam rangka menekan pelanggaran disiplin tersebut maka perlu adanya tindakan preventif, yang salah satunya dengan adanya kegiatan Safari Hukum ini sehingga adanya Peningkatan Kesadaran Hukum untuk Prajurit, PNS dan seluruh keluarga besar TNI AL,' jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan Plakat dan Buku Referensi dari Kasi Bankum Diskumal kepada Palaksa Lanal Ranai, serta penyerahan Plakat dari Komandan Lanal Ranai kepada Kasi Bankum Diskumal.

Kegiatan dilanjutkan sosialisasi hukum oleh Kasi Bankum Diskumal Letkol Laut (KH) Saiful Simanjuntak, S.H., M.H. dengan tema ”Peningkatan Kesadaran Hukum” meliputi kasus yang menonjol di Lingkungan TNI AL yakni tindak pidana desersi, tindak pidana penyalahgunaan tentang Narkoba, tindak pidana kejahatan tentang asusila & LGBT, tindak pidana penganiayaan & perkelahian, tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), tindak pidana informasi dan transaksi elektronik (ITE) dan peninjauan pengendalian karir. 

(IK)
Tags


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.