Tekan Angka Narkoba, BNNK Galus dan Dinas Pangan Dan Perikanan Kembali Laksanakan Bimtek Life Skill

Kepala BNNK Galus Didampingi Kadis Pangan dan Perkanan Galus serta Camat Kutapanjang.

GALUS|KEPRIAKTUAL.COM: Untuk menekan angka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Badan Narkotik Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues kembali melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Life Skill Budidaya Ikan jurung/ikan gegaring bagi masyarakat rawan narkoba.

Acara Bintek dilaksanakan diwilayah percontohan AD Kerukunan Kutapanjang, Kecamatan Kutapanjang Gayo Lues, Senin (7/2/2022).

Dalam kegiatan tersebut, BNNK Galus bekerja sama dengan Dinas Pangan dan perikanan Galus, serta Kementerian Kelautan Perikanan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelautan dan Perikanan BNN-RI dan BNNP Aceh, serta Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Medan bersinergi serta mendukung Program Nasional dalam upaya P4GN.

Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman ST MSi secara virtual menyampaikan, Bimtek ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya penyalahgunaan dan penggunaan narkoba secara bebas. Dengan kesadaran itulah diharapkan kita semua dapat berperan serta dalam menciptakan lingkungan bebas narkoba,serta meningkatkan keterampilan dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya dikalangan atau lingkungan masyarakat pada umumnya.

"Untuk menekan angka P4GN tersebut,BNNK Gayo Lues melakukan kembali kegiatan Bimtek Life Skill Budidaya ikan jurung bagi masyarakat,karena BNNK Gayo Lues bekerja sama dengan BPPP Medan," jelas Fauzul.

Selain itu, Kepala BPPP Medan Natalia S ST PI MPi menjelaskan, kegiatan ini merupakan Implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020-2024 dan juga berdampingan dengan pelatihan Budidaya pembesaran Ikan Lele bagi pembudidaya Ikan di Kabupaten Asahan Provinsi Sumatra Utara. 

Dan kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari terhitung 7 hingga 12 Maret 2022 dan di ikuti 30 peserta. Karena kegiatan ini merupakan salah satu terobosan baru untuk membuka peluang usaha bagi pembudidaya ikan jurung.

"Kami berharap Badan Usaha Milik Kampung  (BUMK) dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat,dan menciptakan lapangan kerja serta mengurangi pengangguran sehingga dapat menekan angka Kultivasi ganja dan prevalensi penyalahguna narkoba untuk mewujudkan Gayo Lues Bersinar ( Bersih Narkoba)," harap Natalia.

Sementara Kadis Pangan dan Perikanan Gayo Lues Sukri Kasim SP secara virtual mengatakan, letak Geografis Gayo Lues berada didataran tinggi. Sehingga banyak terdapat hulu sungai dan salah satu sumber pendapatan masyarakat setempat dari sektor perikanan.

"Sehingga sangat cocok dalam Budidaya Ikan jurung/ gegaring untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,jika lapangan pekerjaan tersedia pasti dapat menekan minat masyarakat menggunakan narkoba dan menanamnya," pungkasnya.

Kegiatan Bimtek Life Skill P4GN  ini selain Kepala BNNK dan Kadis Pangan dan Perikanan Galus juga dihadiri oleh Instruktur Budidaya BPPP Medan Banjar Lumban Gaol SPI,Dewi Sartika Hutabalian S PI,Staf TU Budidaya BPPP Medan Ruslan Hasibuan SPI serta 30 peserta. (MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.