Sufianto: Buka Ruang Untuk Mobil Damkar saat Menjalankan Tugas Dilokasi Kebakaran

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sarana dan Prasarana Dinas Damkar Gayo Lues, Sufianto ST.

GALUS|KEPRIAKTUAL.COM: Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Gayo Lues menghimbau kepada masyarakat Gayo Lues untuk membuka ruang untuk Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) saat menjalankan tugas dilokasi kebakaran.

Hal itu disampaikan oleh Kadis Damkar Kabupaten Gayo Lues Suprinadi S STP MAP melalui Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sarana dan Prasarana Dinas Damkar Gayo Lues Sufianto ST diruang kerjanya Rabu (30/3/2022).

Kata Sufianto, kepada masyarakat Gayo Lues dimanapun berada jika mendengar suara serine mobil damkar, masyarakat harus menghindar dari badan jalan. Begitupun dengan kenderaan yang terparkir di pinggir jalan agar segera memindahkannya dari badan jalan.

"Ini kendala yang sering terjadi dilapangan, banyak kenderaan terparkir di badan jalan. Bahkan ada oknum yang hanya menonton kejadian tersebut. Ini kami harapkan kesadaran kita bersama, dan tolong beri akses untuk petugas menjalankan tugasnya," kata Sufianto.

Namun peristiwa kebakaran yang terjadi di Desa Tungel Kecamatan Rikit Gaib Minggu (27/3/2022) kemaren, Sufianto melihat kesadaran masyarakat dalam memadamkan api sangat tinggi. Bahkan warga dilapangan turut membantu petugas untuk menyiapkan selang, sehingga petugas dengan sigap dapat segera menyalakan air.

"Seperti Minggu malam kemaren, kesadaran masyarakat sangat tinggi membantu petugas. Namun warga tidak tahu bagaimana cara memasangnya, sehingga memakan waktu petugas dalam bekerja. Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang ingin membantu, namun lebih baik lagi biarkan petugas bekerja," terang Sufianto lagi.

Jebolan Sarjana Teknik (ST) ini menambahkan,di Kabupaten Gayo Lues hampir tidak ada kawasan aman kebakaran,pihaknya meminta warga memberi informasi sumber air terdekat dilokasi terjadinya kebakaran.

"Sumber air milik pribadi pun tidak apa-apa jika masih bisa diakses, ini problem yang kita hadapi dilapangan. Semoga warga bisa sadar atas musibah ini," ujar Sufianto.

Sebelumnya, kata Sufianto, pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Gayo Lues menerima laporan kejadian kebakaran di Desa Tungel tersebut dari warga sekitar pukul 22,23. WIB. Kemudian, Dinas Damkar Gayo Lues langsung mengerahkan lima unit mobil damkar kelokasi untuk memadamkan api.

"Tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu, dan penyebab kebakaran itu sedang di tangani pihak berwajib. Dan kerugian akibat musibah tersebut mencapai milyaran rupiah," tutup Sufianto mengahiri. (MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.