PEM Akmigas Dorong Generasi Natuna Jadi Ahli Migas

Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa PEM Akmigas Cepu.

NATUNA|KEPRIAKTUAL.COM: Menejmen Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar kunjungan Tiga hari ke Natuna. Kunjungan ini dipimpin langsung PEM Akamigas Prof. Dr. R.Y. Perry Burhan, M.Sc. 

Agenda kunjungan ini meliputi sosialisasi penerimaan mahasiswa PEM Akmigas Cepu kepada Pemerintah Kabupaten Natuna dan sejumlah Kepala Sekolah di Kantor Bupati Natuna, Rabu (9/3/2022).

Sosialisasi kedua ini dipimpin oleh Asisten II Pemkab Natuna, Basri dan diikuti oleh sejumlah Kepala OPD dan Kepala Sekolah.

Prof. Perry dalam sosialisasinya menjelaskan PEM Akamigas saat ini baru membuka juruasan Perminyakan dan Gas. Sementara Program Studi Mineral pihaknya belum membuka jurusan tersebut.

Namun begitu, Ia mengaku PEM Akamigas memiliki lembaga pendidikan yang jadi saudara kembarnya di Bandung yakni Politeknik Pertambangan dan Mineral Bandung.

"Maka kami senang dapat ke Natuna, di Natuna banyak minyak dan gas, tepat sekali merekrut mahasiswa dari sini," kata Prof. Perry.

Ia mengungkapkan maksud tujuannya ke Natuna adalah merekrut pelajar untuk didorong menjadi ahli perminyakan sehingga mereka bisa terlibat dalam aktifitas perminyakan mulai dari hulu hingga hilirnya. 

Menurut Prof. Perry, peluang bekerja di sektor Migas masih terbuka hingga tiga puluh tahun mendatang, karena menurut prediksi Migas negara masih bisa prospek hingga puluhan tahun ke depan.

"Jadi untuk anak Cucu kita ini sangat pas. Kami ingin orang Natuna banyak yang ahli di bidang ini," ucapnya.

Ia menegaskan, pihaknya akan segera melakukan rekrutmen mahasiswa baru di Natuna untuk membangun SDM perminyakan yang handal.

Sistem rekrutmen mahasiswa yang diterapkan merupakan sitem partisi yang mana menejmen PEM Akmigas turun langsung merekrut mahasiswa ke Kabupaten.

"Dan perlu diketahui kami melakukan rekrutmen tidak flat secara nasional, karena kalau secara nasional, peluang anak Surabaya dan anak Natuna akan beda dia. Ini bukan apa-apa, tapi karena alasan rentang kendali saja antara calon mahasiswa dan kampusnya," terangnya.

Oleh karena itu, Ia berharap pelajar Natuna dapat beramai-ramai nanti mengikuti proses rekrutmen mahasiswa ini.

"Maka sosialisasi ini saya harap tidak sampai di sini, tapi sampai juga kepada orang tua dan murid agar mereka dapat melakukan persiapan dari jauh-jauh hari," pintanya.

Asisten II Pemkab Natuna, Basri mengapresiasi kehadiran dan kegiatan yang dilakukan PEM Akamigas itu. Menurutnya lembaga pendidikan itu telah membawa peluang besar bagi generasi muda Natuna.

"Jadi kalu Prof Perry tadi nyebut dirinya senang dapat ke Natuna. Kami lebih senang lagi karena kami diajak maju," ucap Basri.

Ia menekankan kepada dinas terkait agar menyebarluaskan kabar baik itu sehingga proses rekrutmen calon mahasiswa nantinya dapat berjalan dengan baik.

"Maka, dinas-dinas harus aktif melanjutkan kegiatan ini, terutama sekali Dihas Pendidikan. Ini harus jadi atensi kita semua karena ini peluang besar yang dimanfaatkan oleh masyarakat," tutupnya. 


(IK)

Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.