Kepala Sekolah, Dallah: TKIT Bumi Bahari Natuna Menerima Siswa Baru Tahun Ajaran 2022/2023

Kepala Sekolah TKIT bumk Bahari, Dallah SE.ME.

NATUNA|KERIAKTUAL.COM: Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Bumi Bahari bertempat di Pering, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna menerima siswa baru untuk tahun ajaran 2022/2023. Hal ini disampaikan oleh, Kepala Sekolah TKIT Bumi Bahari, Dallah SE.ME, Senin (7/3/2022).

"TKIT Bumi Bahari ini berdiri pada tahun 2011. Alhamdulillah kita sudah dapat tanah hibah, Insyaa Allah yayasan akan segera proses pembangunan gedung permanen," kata Dallah.

Ia juga memaparkan terkait ilmu umum yaitu, seperti mengenal tanaman dan  praktek menanam di sekolah. Dengan harapan anak-anak dari kecil sudah mengenal tumbuhan disekitar.

"Seperti sayuran, kemudian mengenalkan kepada anak buah-buahan serta alat transportasi laut, darat, udara," ucapnya.

Selain itu kata Dallah, anak-anak akan diberikan pemahaman tentang apa itu cita-cita seperti menjadi dokter, ustadz, polisi, TNI, guru. Kemudian anak-anak juga diajarkan cara berdagang serta melakukan praktek berjualan (market day) dan keilmuan umum lainnya.

"Tenaga pengajar akan memberi penerapan untuk membiasakan anak-anak menggosok gigi, memotong kuku dan mengingatkan anak untuk rajin membersihkan diri (mandi), untuk kondisi pandemi juga dijelaskan pentingnya menggunakan masker, mencuci tangan," ujarnya.

Kemudian dari segi agama Dallah mengatakan, setiap pagi akan melakukan Shalat Dhuha, membaca Surat Iqro', hafalan ayat pendek di Juz 30, hafalan Hadist, doa sehari-hari dan  Asmaul Husna.

Selain itu diajarkan juga kepada anak-anak tentang tata cara beradab dengan orangtua seperti, pergi dan pulang sekolah salaman dan mencium  tangan orangtua, mengucapkan salam,  setiap hari juga diingatkan untuk mengikuti orangtua shalat wajib lima waktu. 

Anak2 juga dibiasakan dengan adab memakai pakaian dengan mendahulukan sebelah kanan, dan membuka pakaian dengan mendahulukan sebelah kiri, kemudian adab dengan guru, adab dengan teman, adab masuk toilet, masuk toilet dengan kaki kiri, keluar  kaki kanan beserta doanya, adab berpakaian, adab makan dan minum, makan dan minum tidak boleh berdiri apalagi berjalan dan berlari.

"Hampir semua adab dan kebiasaan di dalam agama Islam kita ajarkan kepada anak-anak. Perkara umum yang kita ajarkan ke anak tetap kita sampaikan bagaimana pandangan Islam terhadap hal tersebut," paparnya. 


(IK)

Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.