Hujan Lebat, Puskesdes Aih Ilang Meloak Roboh di Terjang Longsor

Kabid PSDK Dinas Kesehatan Gayo Lues, Muhammad Husin SKM saat Dikonfirmasi Diruang Kerjanya.

GALUS|KEPRIAKTUAL.COM: Hujan lebat, membuat longsor kembali terjadi di Kabupaten Gayo Lues. Kali ini longsoran tanah itu meluluh lantakan bangunan Puskesdes di Desa Aih Ilang Meloak, Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues, Rabu (9/3/2022) malam. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun media Kepriaktual com, peristiwa longsor itu terjadi sekira Pukul 22.00 Wib. Satu jam sebelum kejadian, hujan dengan intensitas lebat terjadi di Gayo Lues. Termasuk di Desa Aih ilah Meloak.

"Akibat Hujan lebat, seluruh bangunan Puskesdes hancur, bahkan isi didalam Puskesdes seperti ruang rawat pasien dan perabotan sebagian hancur, tak bisa digunakan lagi," ujarnya. 

Dari keterangan pegawai Puskesdes, bangunan terutama dinding hancur, saat kejadian tidak ada orang satupun di Puskesdes itu. Mulanya ada suara hujan deras dan gemuruh. 

"Setelah dicek petugas lain, ternyata bangunannya sudah roboh dan hancur di hantam tanah longsor dari atas bukit pas di belakang dan samping Puskesdes. Pada intinya bangunan tersebut tidak bisa digunakan lagi," ujarnya.

Terkait kejadian itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues Riadussalihin SKM melalui Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan Galus. Muhammad Husin SKM diruang kerjanya, Kamis (10/3/2022) menjelaskan, dengan terjadinya bencana alam terhadap pasilitas sarana kesehatan di Desa Aih ilang Meloak, Kecamatan Puteri Betung tersebut, maka perlunya relokasi pasilitas itu kelokasi lain yang berada didesa tersebut.

"Dinas Kesehatan Gayo Lues berharap kepada Bapak Pengulu desa Aih ilang Meloak agar bisa menyediakan lahan lain yang lebih aman sehingga kita dari Dinas Kesehatan dapat merencanakan pembangunan kembali gedung baru puskesdes untuk memastikan pelayanan kesehatan didesa Aih ilang Meloak,agar dapat segera dilakukan tanpa kendala," pungkas Husin singkat. (MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.