Dinas Pendidikan Dayah Galus Lakukan Tata Kelola Dayah

Kadis Pendidikan Dayah Kabupaten Gayo Lues  H. Sukrimas

GALUS|KEPRIAKTUAL.COM: Dalam rangka penguatan kelembagaan dan tata kelola Dayah diwilayah Negeri Seribu Hafizd, Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Gayo Lues melakukan Program memperbaharui data Dayah dari hasil Akreditasi Dayah tahun 2022, Selasa (8/3-2022).

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Gayo Lues, H. Sukri Mas SKep menjelaskan, Dinas Pendidikan Dayah Galus saat ini masih focus melakukan pendataan Dayah. Dan semoga tahun ini bisa berjalan dengan baik. Karena tipe Dayah itu ada beberapa jenis, seperti Dayah Terpadu, Dayah Tahfiz, Dayah Salafiyah. Pendataan itu seperti pengumpulan Profil ayah, jumlah Santri dan Santriwati dan lain-lain.

"Dengan begitu nantinya, dapat dilakukan pemerataan pembangunan dan sekaligus meningkatkan mutu pendidikan. Anak didik berbanding lurus antara kuantitas dan kualitas, seperti Dayah Ula Tingkat SD, Usta Tingkat SMP dan Ulia Tingkat SMA terakhir Mahadali Tingkat Universitas," jelas H. Sukri Mas.

Kadis Dayah menyampaikan, harapan Bupati Gayo Lues agar Akreditasi Dayah segera selesai tanpa kendala dan bisa mendongkrak regulasi Dayah di Gayo Lues.

"Apabila target itu tercapai,maka nantinya anak Dayah yang keluar dari bangku pendidikan bisa berperan aktif mendapatkan Akhlak ditengah-tengah masyarakat," jelasnya.

Tahun ini, lanjut Sukrimas, ada 11 Kecamatan di Gayo Lues yang telah didata. Dari 11 Kecamatan ini mereka ingin berhasil meningkatkan Kualitas dan Kuwantitas pendidikan Dayah,agar kedepan lebih maju lagi.

"Jika nanti telah selesai dalam program pendataan Dayah di 11 Kecamatan, seterusnya akan diupayakan peningkatan dan kemajuan pendidikan Dayah di Negeri ini," Pungkasnya. (MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.