Aman Apri Sukses Kembangkan Tanaman Stroberi di Galus

Aman Apri Sukses Kembangkan Tanaman Stroberi di Galus.

GALUS|KEPRIAKTUAL.COM: Stroberi bukanlah tanaman asli Indonesia. Habitat aslinya adalah daerah Sub tropis, diwilayah dengan empat musim. Sehingga mengembangkan buah bercita rasa asam didaerah dingin seperti Gayo Lues (Galus), bagi sebagian orang sesuatu yang tidak mungkin.

Namun, Aman Apri pria berusia (43) tahun mematahkan pemikiran tersebut. Ia sukses mengembangbiakan stroberi dipekarangan rumahnya yang berada di dusun Trijunte Waih Sekat, Desa Rikit Dekat, Kecamatan Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues, Senin (21/3/2022).

Aman Apri menjelaskan, ia mendapatkan bibit pertama kali dari temannya. Awalnya kali pertama menanam stroberi, banyak orang yang enggak yakin tumbuh di Gayo Lues ini. Karena tidak mungkin tanaman yang satu ini bisa tumbuh didaerah ini seperti didaerah Jawa atau daerah lainya di pulau Jawa.

"Awalnya banyak orang enggak yakin tumbuh di daerah dataran tinggi Gayo Lues ini. Karena tidak mungkin stroberi ini bisa tumbuh didaerah ini, namun karena saya dasarnya mencintai tanaman, ya saya tetap berusaha sebisa saya," tutur Aman Apri dengan semangat.

Tidak butuh waktu lama, lanjutnya, sekira empat bulan proses kembali menanam stroberi dengan modal mengikuti pelatihan sendiri di pekarangan rumahnya, serta rajin membaca buku tentang bagaimana cara menanam stroberi hingga panen. Dirinya akhirnya membuktikan bisa menanam stroberi dengan hasil buah yang banyak.

"Dari pengalaman selama berbudidaya stroberi. Caranya sangat mudah, ketika sudah mengetahui ilmunya. Umumnya semua tanaman membutuhkan pupuk agar bisa tumbuh dengan baik. Saya sendiri membuat pupuk organik untuk stroberi," ujarnya. 

Salah seorang pelanggan bernama Rizki Ananda (30) pelanggan tetap dan yang sering kekebun milik Aman Apri mengatakan, selain membeli stroberi dengan memetik sendiri dari kebun milik Aman Apri. Ia juga bisa membawa keluarganya untuk berwisata dan sambil belajar dengan Alam dikebun milik Aman Apri tersebut.

"Saya beli stroberi dari Aman Apri per kilonya Rp 80.000 Ribu. Para pembeli bisa memilih buah stroberi sendiri dengan kualitas terbaik dan langsung memakannya ditempat setelah melakukan pembayaran," tutup Riki singkat.

Kini kebun stroberi Aman Apri yang ditanam sangat rapi didalam polibag tampak tersusun rapi membuat pengunjung banyak yang datang dengan membawa keluarga sambil berwisata.
 
Selain menjual buah stroberi, Aman Apri juga menjual bibit stroberi dan hingga kini bibit yang disediakan Aman Apri sudah banyak dibeli orang dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). (MK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.