AJOI Natuna Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-50 Basarnas

Upacara HUT Basarnas. 

NATUNA|KEPRIAKTUAL.COM: Puncak peringatan HUT Basarnas ke 50 dilaksanakan Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna daksanakan dihalaman Kantor SAR Natuna, Jl. H. Adam Malik, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, dihadiri Alinasi Jurnalistik Online Indonesia, Selasa, (01/02/2022) pagi. 

"Kegiatan upacara HUT Basarnas kita laksanakan terbatas mengingat masih dalam situasi pandemi," ujar Mexianus Bekabel.

Bertemakan "Berakhlak Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif" diikuti oleh seluruh pegawai, pejabat, CPNS, serta beberapa potensi SAR, AJOI dan PWI. 

Kepala KPP Basarnas Natuna Mexianus Bekabel saat memimpin jalannya upacara mengatakan, diusia  ke-50 seluruh jajaran Basarnas Natuna khususnya harus selalu siap dan mampu melaksanakan tugas  dengan cepat, amanah dan tepat dalam rangka menuju Indonesia Maju. 

Selanjutnya Ia membacakan amanat  Kepala Basarnas Pusat, pada hari ini, kita masih diberikan nikmat kesehatan, lahir dan batin, untuk melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun badan nasional pencarian dan pertolongan atau basarnas yang ke-50. 

"Karena hari ini, merupakan hari istimewa bagi kita semua, keluarga besar basarnas. tanggal 28 februari 2022 kemarin, korps baju orange genap berusia 50 tahun. ulang tahun emas. Jejak-jejak perjalanan setengah abad basarnas dari masa ke masa telah melalui berbagai dinamika. tantangan dan rintangan mampu  dihadapi sehingga memperkokoh fondasi basarnas sebagai lembaga pemerintah yang terpercaya melaksanakan sebagian tugas pemerintah di bidang sar," ujarnya. 

Kemudian, lanjutnya, Basarnas bekerja sesuai undang-undang nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan. tugas utama basarnas adalah menyelenggarakan operasi pencarian, penyelamatan, pertolongan, dan evakuasi pada kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia di seluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia. sebuah tugas yang penuh tantangan, keseriusan, dan tanggung jawab yang besar. 

"Kita semua menyadari, bahwa kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia memiliki sifat unpredictable atau tidak dapat kita prediksi sebelumnya. Karena itulah, kita melaksanakan siaga 24 jam nonstop dan melaksanakan operasi Sar dengan cepat. Respon cepat itu mutlak kita perlukan demi menyelamatkan jiwa saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah," kata Mexianus Bekabel.

Ditambahkanya, keberhasilan penyelenggaraan operasi sar itu memadukan berbagai komponen yang terangkum dalam empat (4) pilar utama.

Pertama adalah sumber daya manusia yang mumpuni. selama ini, kita terus berusaha meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang kita miliki, terutama para rescuer sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan operasi sar. 

Kedua adalah sarana prasarana yang memadai. basarnas senantiasa meningkatkan sarana prasarana maupun peralatan sar yang relevan dengan perkembangan zaman. peralatan-peralatan yang user friendly dan bertehnologi kekinian untuk memudahkan kinerja kita. 

Ketiga adalah dukungan dari potensi sar. basarnas tidak dapat bekerja sendiri. selama ini, potensi sar memegang peran krusial dalam pelaksanaan operasi sar. potensi sar dari unsur pemerintah, tni, polri, badan usaha, organisasi kemasyarakatan, hingga indivindu dapat menutup celah keterbatasan basarnas dari aspek sumber daya manusia, sarana prasarana, tehnologi informasi, serta hewan. karena itulah, sinergi dengan potensi sar mutlak kita lakukan dalam misi penyelenggaraan operasi sar. 

Dan yang Keempat adalah publikasi. publikasi menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan sar. publikasi yang dikelola dengan baik akan meningkatkan reputasi dan citra positif institusi di mata publik. Sebaliknya, publikasi yang buruk, lambat laun akan merusak kepercayaan masyarakat yang sudah terbangun selama ini.  

"Jejak-jejak keberhasilan dalam berbagai penyelenggaraan operasi sar selama ini telah menghadirkan kepercayaan yang besar dari masyarakat. tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Reputasi tersebut harus kita pertahankan tidak hanya itu, kredibilitas tim sar kita juga diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional," ungkapnya. 

Kata Mexianus Bekabel, dengan tim sar yang handal diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam melaksanakan segala aktivitasnya. Karena itulah, tema basarnas emas tahun ini adalah “cepat tanggap untuk indonesia maju".

Bapak Presiden Joko Widodo saat membuka rapat kerja nasional basarnas tahun 2022 beberapa waktu mengapresiasi kinerja basarnas selama ini. 

"Beliau juga memberikan pesan-pesan kepada kita semua. Diantaranya, kita harus memciptakan inovasi-inovasi sesuai perkembangan perkembangan tehnologi kekinian. Kita juga diharuskan meningkatkan kapabilitas  dan kompetensi tim sar. Koordinasi intensif dan kolaburasi dengan potensi sar. menggiatkan sar preventif dan mitigasi, serta membangun budaya sar di masyarakat," tuturnya. 

Orientasi dari pesan Presiden tersebut, agar dalam implementasinya, Basarnas dapat memberikan pelayanan Sar yang yang optimal kepada masyarakat yang mengalami kedaruratan pada kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia.

"Saya berpesan kepada seluruh pegawai di lingkungan basarnas agar tetap bekerja dengan semangat yang tinggi. tantangan ke depan akan semakin kompleks. Untuk itu, laksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab. Mengerti tugasnya, mengerti apa yang harus dilakukan, dan mengerti kapan harus mengerjakannya.  
Saya juga meminta agar seluruh pegawai di lingkungan basarnas berintegritas, yaitu memiliki interest terhadap kedinasan yang lebih besar dibanding dengan interest pribadinya, serta melaksanakan tugas kedinasan dengan baik, apakah diawasi atau tidak diawasi," ungkapnya. 

Selanjutnya, dirinya minta agar seluruh pegawai meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan, serta kreatif dan inovatif di segala aspek pekerjaan. Dan yang terakhir, tingkatkan komunikasi dan koordinasi serta kerja sama dengan potensi sar, baik di tingkat pusat maupun daerah. 

"Demikian sambutan saya, semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, dan hidayahnya kepada kita semua, amin," tutupnya. 

Selamat ulang tahun basarnas, 
cepat tanggap untuk indonesia maju. 
avignam jagad samagram
selamatlah alam semesta.
wassalamu’allaikum wr. wb.
om shanti, shanti, shanti, om…
 
Kepala badan nasional pencarian dan pertolongan. Dalam giat itu pula Basarnas Natuna telah mendapatkan juara tiga dalam kategori kesiapan sarana dan prasarana. 

(IK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.