DPRD Natuna Gelar Paripurna Istimewa Peringatan HUT Kabupaten Natuna ke 22

Wakil Bupati Natuna Saat Menyampaikan Kata Sambutan

Tepung Tawar Sebelum Dimulainya Acara. 

Anggota DPRD Natuna Saat Rapat Paripurna. 

NATUNA KEPRIAKTUAL.COM: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna menggelar Paripurna Istimewa Peringatan HUT Kabupaten Natuna ke 22, Senin (12/10/2021) lalu. 

Adapun acara sidang Paripurna ini berlangsung khidmat dan akrab di antara pemerintah daerah Kabupaten Natuna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang berlangsung acaranya di ruang rapat paripurna.

Acara ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar didampingi dua wakilinya masing-masing Wakil Ketua I, Daeng Ganda Rahmatullah, Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik dan dihadiri oleh seluruh anggota.

Paripurna ini juga dihadiri oleh Bupati Natuna, Wan Siswansi, Wakil Bupati Natuna, Rodial Huda, Sekda Natuna, Boy Wijanarko, seluruh unsur FKPD dan OPD Kabupaten Natuna serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan pengusaha.

Dalam pengantarnya, Daeng Amhar menyampaikan apresiasi tinggi terhadap Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Natuna. Ia menilai pembangunan di Natuna sudah cukup berhasil memajukan daerah dan meningkatkan kesejehateraan masyarakat.

“Dan kalaupun ada kekurangan, kita evaluasi bersama supaya kekurangan itu dapat dilengkapi ataupun diperbaiki. Dan ke depan masih banyak yang mesti kita lakukan untuk kemajuan Natuna,” kata Amhar seraya mempersilahkan Bupati Natuna menyampaikan pidato HUT Kabupaten Natuna ke 22.

Siswandi dalam pidatonya menyampaikan beberapa hal, di antaranya capaian pembangunan daerah yang meliputi peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, ekonomi dan jumlah infarstruktur serta sasaran pembangunan lainnya.

Menurutnya hampir di seluruh sektor pembangunan telah berjalan dengan baik. Hal ini tercermin pada tingginya nilai yang diraih Natuna pada bidang pembangunan.

“Alhamdulillah kita di Kepri tertinggi ke empat, nilainya sama dengan kota Batam. Ini raihan yang hebat, berkat dukungan dari semua pihak dan partisipasi masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan apresiapi kepada seluruh pimpinan daerah sebelumnya atas kerja keras dan perjuangannya membangun Natuna.

“Dan ke depan capaian dari pendahulu-pendahulu kita ini harus dapat ditingkatkan,” tegasnya.

Dengan pencapaian tersebut, kata Wan Siswandi, Kabupaten Natuna juga telah menerima beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi serta organisasi atau lembaga, diantaranya penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai penerima Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020, dan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun 2020.

Penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau sebagai Pemda dengan penyaluran Dana Desa tercepat lingkup Provinsi Kepulauan Riau 2 kali berturut-turut untuk tahun 2020 s/d 2021.

Inovasi “Pesona Gelas Natuna” (Peduli Persoalan Hari Tua Nanti dengan Gerakan Lansia Sehat di Natuna) masuk sebagai Top 15 inovasi pelayanan publik tahun 2021.

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Puskesmas Bunguran Selatan Kabupaten Natuna sebagai peserta kompetisi inovasi pelayanan publik “Kepak Santri” (Kelas Bapak Sayang Anak dan Istri) tahun 2021 dan inovasi “Resi Poskilat” (Skirining dan Edukasi Hipertensi di Posbindu Keliling RT) tahun 2021.

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna sebagai peserta kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2021 inovasi “Si-Tikar Pandan” (Sistem Teknologi, Informasi, Komunikasi Akurat pada Pelayanan Kependudukan).

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai peserta kompetisi pelayanan publik tahun 2021 inovasi “Kancah Opini Pagi Hari (Kopi Pagi).

Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Altaf Haidar Ridwan dan Sandi Pamungkas (Juara II Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2021).


Penghargaan dari Gubernur Kepri kepada Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur sebagai desa terbaik 1 lomba Desa/Kelurahan se-Provinsi Kepri tahun 2021.

Penghargaan dari Kantor Regional XII BKN Pekan Baru atas pencapaian peringkat II implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT yang di raih oleh Pemerintah Kabupaten Natuna dalam rangka BKN Award.

Namun demikian, kata Wan Siswandi, seiring perubahan paradigma dan dinamika yang ada, tentunya kita akan menghadapi tantangan baru dalam pembangunan dan pelayanan yang semakin kompleks.

Salah satunya pelaksanaan pembangunan skala nasional mengalami kendala akibat wabah global Covid-19 yang merebak hampir semua penjuru dunia.

“Hal tersebut juga berdampak pada pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Natuna, dimana fokus penyelenggaraan dan pemerintahan beralih pada upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, menjaga stabilitas dan  pemulihan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Oleh karenanya, atas nama Pemerintah Kabupaten Natuna, saya mengimbau seluruh aparatur pemerintah maupun semua unsur pembangunan daerah agar sama-sama berusaha menjadi agen perubahan, menjadi penutan dalam penerapan protokol kesehatan ditengah masyarakat.

Sebagai aparatur pemerintah dan segenap masyarakat unsur pembangunan, kami berharap agar terus dapat memberikan kontribusi sesuai kapasitas kewenangan yang dimiliki.

Tentunya upaya kita bersama untuk memahami, menguasai sekaligus mengendalikan segala kemudahan dan kemajuan yang diciptakan teknologi informasi menjadi sebuah keniscayaan.

Namun demikian, ditengah arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang terjadi saat ini, satu hal yang harus kita jaga adalah jati diri sebagai putra putri Melayu untuk tetap menjaga akidah, moral dan menjunjung tinggi nilai luhur budaya sebagai masyarakat timur.

“Mensyukuri adanya kebersamaan, menghargai segala perbedaan dan tetap fokus pada satu tujuan yakni membawa Kabupaten Natuna sebagai wilayah perbatasan yang lebih maju, sebagai miniatur pembangunan nasional yang maju, sejahtera, dan berwibawa,” tuturnya.

Mengakhiri Peringatan Hari Jadi Kabupaten Natuna Ke-22, Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Natuna dan segenap Forkopimda Natuna berkesempatan memberikan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) APBD Kabupaten Natuna Tahap III, dan pemberian secara simbolis 300 paket sembako kepada penerima.

Rapat paripurna ini juga di isi dengan prosesi tepung tawar dan doa yang dipimpin oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Natuna dan tokoh agama.


(IK)

Tags ,


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.