Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto Resmikan Operasional Kapal Selam Alugoro 405

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto Resmikan Kapal Selam Alugoro 405.

NATUNA KEPRIAKTUAL.COM: Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan operasional Kapal Selam Alugoro 405, sebagai salah satu Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) milik TNI Angkatan Laut, bertempat di Faslabuh TNI Angkatan Laut, di Selat lampa kecamatan Pulau Tiga, Natuna, Selasa (6/4/2021).
 
KRI Alugoro 405 merupakan kapal selam pertama produksi Indonesia yang diproduksi oleh PT. PAL Indonesia bekerjasama dengan perusahaan Korea Selatan Daewoo Shipbuilding and Marine engineering (DSME).
 
Selain meresmikan Kapal selam Alugoro sebagai salah satu KRI, pada kesempatan yang sama  Panglima TNI juga mengukuhkan  Komandan KRI Alugoro, yakni Letkol Laut (P) Ahmad Nur Taufik.
 
Dilakukannya persemian Kapal Selam tersebut di Natuna menurut Panglima dengan tujuan memiliki nilai yang berbeda dan strategis bagi kawasan Laut Natuna Utara sendiri yang berbatasan dengan sejumlah negara di Asia tenggara.
 
"Memiliki nilai Different dan nilai strategis di kawasan, itu adalah harapan kita semua," ujar Panglima TNI kepada awak media usai upacara peresmian dan pengukuhan Komandan KRI Alugoro 405.
 
Keberadaan Natuna yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan tentunya memiliki dampak yang cukup besar dengan adanya berbagai konflik di kawasan tersebut.
 
Oleh karenanya pemerintah terutama Panglima TNI mengambil langkah bijak dengan memindahkan markas Gugus Tempur Laut, Komando Armada 1 (Guspurla Koarmada 1) di Natuna.
 
Kehadiran panglima di Faslabuh juga berkaitan dengan peletakan batu pertama pembangunan Mako Guspurla Koarmada 1. 
 
Menurut orang nomor 1 dilingkungan TNI ini keberadaan Mako Guspurla di Natuna nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu wadah koordinasi antar lembaga, satuan dan Instansi dalam menghadapi dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di Laut Natuna Utara.
 
"Diharapkan dengan berdirinya Mako guspurla ini nantinya kita dapat bersama – sama saling berkoordinasi dengan baik terkait permasalaahn yang terjadi di laut Natuna Utara," tambah Panglima TNI.
 
Usai meresmikan dan mengukuhkan Komandan KRI Alugoro 405, serta melakukan peletakan batu pertama Mako Guspurla Koarmada 1, panglima TNI yang hadir bersama Kapolri Jendral (pol) Listiyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI. Yudo Margono, Irjenal Laksda. TNI Moelyanto, para pejabat Utama Mabesal, pangkoarmada 1 dan pangkoarmada II tersebut langsung bertolak kembali ke Lanud Raden Sadjad, untuk memantau kegiatan Vaksinasi anggota TNI di Natuna dan kembali ke Jakarta.

(IK)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.