Bawaslu Kota Tanjungpinang adakan Rakor Pengawasan Rekapitulasi Suara Tingkat KPU

Rakor Panwascam se-Kota Tanjungpinang. 

TANJUNGPINANG KEPRIAKTUAL.COM: Bawaslu Kota Tanjungpinang mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Panwascam se-Kota Tanjungpinang sebagai bentuk kesiapan pengawasan Rekapitulasi dan Penetapan Suara Tingkat KPU Kota Tanjungpinang, untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020, di kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, Selasa (15/12).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, M.Kom.I menjelaskan, bahwa rakor ini bertujuan untuk mendapatkan laporan langsung hasil pengawasan dan permasalahan rekapitulasi suara ditingkat PPK, yang telah diawasi oleh Panwascam. Sehingga akan ditindaklanjuti pada rekapitulasi ditingkat KPU, jika ada saran perbaikan, rekomendasi atau permalahan yang belum diselesaikan. 

Dan berdasarkan surat undangan yang diterima, KPU Tanjungpinang akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara pada hari Rabu, 16 Desember 2020, di hotel CK Tanjungpinang, pada pukul 09.00 Wib.

"Sehingga proses dan hasil rekapitulasi suara ditingkat KPU sudah dapat clear and clean serta menghasil rekapitulasi suara yang valid," kata Zaini yang juga Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga.

Lanjut Zaini, dalam rakor tersebut, sekaligus dilakukan simulasi rekapitulasi suara menggunakan data Formulir Model D.Hasil Kecamatan-KWK dari rekapitulasi ditingkat PPK, yang diserahkan oleh Panwascam. Sehingga akan menjadi acuan dalam pengawasan dan sinkronisasi data pada proses rekapitulasi suara ditingkat KPU.

Sementara itu diantara fokus pengawasan Bawaslu Kota Tanjungpinang pada rekapitulasi KPU, guna memastikan prosedur dan mekanisme pleno rekapitulasi tingkat KPU sesuai Peraturan Perundangan, dengan merujuk PKPU 19 Tahun 2020. Secara substansi, mengawasi rekapitulasi suara sesuai dengan hasil perolehan suara dari PPK, mengantisipasi agar tidak terjadi kekeliruan atau kesalahan dalam menginput data, serta memberikan saran perbaikan atau rekomendasi jika terdapat kesalahan.

"Maka perlu para saksi paslon dan pihak terkait, mengawal proses rekapitulasi suara besok secara intensif dan kondusif agar sesuai ketentuan," ucap Zaini.

Zaini mengungkapkan, sebelum pleno rekapitulasi suara tingkat KPU, maka Bawaslu Kota Tanjungpinang terlebih dahulu akan mengawasi pergeseran kotak suara kotak suara yang berisi dokumen hasil rekapitulasi 4 kecamatan, dari gudang logistik KPU Jl. Handjoyo Putro, menuju lokasi pleno KPU di hotel CK, pada pukul 08.30 Wib.

Usai kegiatan Rakor bersama Panwascam, Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang, langsung mengawasi dan meninjau ruangan lokasi acara rapat pleno rekapitulasi KPU di hotel CK. Sekaligus berkoordinasi dengan KPU Kota Tanjungpinang, guna memastikan persiapan teknis rekapitulasi suara. Pada kesempatan tersebut tampat Zaini, Maryamah, Yoga, dan Susanty, meninjau ruangan acara rekapitulasi.

"Bawaslu berupaya memastikan kesiapan teknis pleno rekapitulasi KPU besok, semoga lancar tanpa ada kendala", ucap Zaini.


(M.HOLUL)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.