Dewan Kepri Minta Pemprov Optimalkan Dana Perimbangan dari Pemerintah Pusat

Foto: Istimewa. 

TANJUNGPINANG KEPRIAKTUAL.COM: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Provinsi Kepri meminta pemerintah Provinsi Kepri lebih mengoptimalkan lagi pendapatan daerah yang didapat dari dana perimbangan dari pemerintah pusat.

Pasalnya, hingga saat ini dana perimbangan masih menjadi sumber pendapatan yang dominan di provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Kepri Yudi Kurnain saat menyampaikan pandangan fraksi Hanura dan PAN dalam paripurna penyampaian pandangan umum fraksi DPRD Kepri terhadap ranperda APBD tahun 2021, dikutip dari situs resmi Diskominfo Kepri.

"Keberadaan Dana Perimbangan dalam APBD Kepri masih menjadi sumber pendapatan terbesar dibandingkan Pendapatan Asli Daerah," ungkap Yudi.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri harus lebih optimal lagi dana perimbangan yang didapat dengan baik melalui retribusi pajak di kota Batam hingga Migas Natuna agar dapat menjadi sumber pendapatan daerah yang baru.

“Baik itu untuk peningkatan pembangunan infrastruktur di Provinsi Kepri yang dapat mengerakkan perekonomian masyarakat,” jelas Yudi.

Tak hanya itu, Yudi juga mengharapkan pemerintah Provinsi Kepri lebih kreatif dan inovatif lagi untuk mendapatkan dana-dana dari pemerintah pusat guna pembangunan di daerah.

"Karena masih banyak dana-dana pembangunan pemerintah pusat yang di peruntukan bagi pembangunan daerah, tinggal bagaimana kita mendapatkan nya saja," tambah Yudi.

Senada dengan Yudi, Fraksi partai PPP Irwansyah juga mengatakan hal serupa. Irwansyah mengharapkan agar pemerintah Provinsi Kepri dapat lebih gencar mengali sumber Pendapatan Asli Daerah baru dari potensi-potensi yang dimiliki Kepri.

"Salah satunya potensi maritim yang harus kita kelola, saya yakin jika terkelola dengan baik maka PAD kita lebih dari Dana Perimbangan Pemerintah pusat," tegas Irwansyah.


Redaksi

Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.