Hasil Swab 270 Orang dalam Klaster Pemprov Kepri Negatif Covid-19

(Foto: Istimewa).
BATAM KEPRIAKTUAL.COM: Sebanyak 270 orang yang diambil sampel usap (swab) pada 1 Agustus 2020, yang masuk dalam Klaster Pemprov Kepulauan Riau, dinyatakan negatif COVID-19 berdasarkan tes usap (swab) dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Batam.

"Alhamdulillah, hasilnya negatif," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Kamis (6/8-2020).

Ia menjelaskan jumlah pasien COVID-19 dalam Klaster Pemprov Kepri hingga hari mencapai 18 orang, sebanyak 16 orang di antaranya di Tanjungpinang, dan sisanya di Batam.

Berdasarkan hasil penelusuran, rata-rata pasien tertular COVID-19 bukan dari Gubernur Isdianto, melainkan protokol.

"Ada dua orang positif COVID-19 dalam klaster ini tinggal di Batam," ucapnya.

Ia tidak membantah ada beberapa pasien COVID-19 dalam satu keluarga.

"Kami berharap jumlah pasien dapat ditekan," tuturnya.

Tjetjep mengemukakan data hasil pemeriksaan swab yang dirilis Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Batam belum mencapai 50 persen. Jumlah orang-orang yang kontak erat dengan Gubernur Kepri Isdianto dan sejumlah staf protokol, yang sudah diambil swab sekitar seribu orang.

Ia menegaskan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Batam tidak dapat diintervensi oleh Pemprov Kepri agar segera mengeluarkan hasil pemeriksaan PCR. Namun Pemprov Kepri telah membantu lembaga di bawah Kemenkes itu untuk mempercepat hasil pemeriksaan.

"Kami masih menunggu hasil pemeriksaan swab selanjutnya. Kami mohon bersabar," katanya.


(***)
Tags


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.