Rustam: Pasien Covid-19 di Tanjungpinang Bertambah Satu Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang Rustam (Foto: Istimewa). 
TANJUNGPINANG KEPRIAKTUAL.COM: Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau bertambah satu orang sehingga total menjadi 29 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tanjungpinang Rustam, di Tanjungpinang, Sabtu (11/7-2020) mengatakan, pasien baru yang terinfeksi COVID-19 itu berinisial Hu (38).

Pasien tinggal di Jalan Teratai Kelurahan Tanjungpinang Kota, Kecamatan Tanjungpinang Kota.

"Hu pada 10 Juli 2020 melakukan pemeriksaan rapid test antibodi di RSAL Tanjungpimang untuk melakukan perjalanan ke Jakarta dalam rangka mengontrol penyakit setelah dioperasi beberapa bulan yang lalu di salah satu RS di Jakarta. Dan hasil Rapid Tes dinyatakan reaktif," katanya, dikutip dari situs Diskominfo Kepri, Senin (13/7-2020).

Sesuai dengan protokol kesehatan, seluruh pasien reaktif langsung dikarantina di Rumah Singgah Kepri, dan dilakukan swab pada 11 Juli 2020. Hasil PCR keluar siang hari dan dinyatakan positif COVID-19.

Berdasarkan hasil penelusuran tenaga kesehatan terhadap riwayat aktivitas pasien yang terkonfirmasi sebagai kasus ke-29 itu, pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri atau pun ke luar kota dalam empat bulan terakhir.

Kegiatan rutin sehari-hari lari pagi sendirian tiga kali seminggu, dan terkadang bersepeda.

Di toko pun hanya karyawan yang melayani pembeli. Pasien juga rutin shalat lima waktu ke Masjid AH Tanjungpinang. Informasi yang bersangkutan, satu minggu terakhir sholat berjamaah tidak berjarak 1 meter dan sebagian tidak pakai masker

"Petugas telah melaksanakan penelusuran kepada orang-orang yang kontak erat dengan pasien, baik di rumah, di toko, di masjid maupun tempat lainnya dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab atau rapid test," ujarnya, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang.

Saat ini, kata dia kondisi pasien stabil, tanpa gejala dan dikarantina di Rumah Singgah RSUP Kepri.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam era normal baru ditingkatkan," katanya.

(***)


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE. #MariBijakBerkomentar.



[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.